EKONOMI

Kadistan Malaka Minta Bibit Bawang Merah Diperiksa dan Diteliti Cermat

Pemeriksaan bibit bawang merah.

BETUN, Kilastimor.com-Kepala Dinas TPHP Kabupaten Malaka, Yustinus Nahak meminta supaya seluruh komponen yang terlibat didalam pemeriksaan benih bawang merah supaya kerja dengan cerdas, cermat dan teliti.
Pemeriksa bawang merah harus pastikan bawang merah yang diterima harus tepat jumlah dan tepat kualitas dan dilengkapi dokumen resmi yang diterbitkan pejabat pemeriksa terkait.
Kadis TPHP Kabupaten Malaka, Yustinus Nahak mengatakan hal itu di Betun, Kamis (1/8/2019).

Dikatakan, terkait pengiriman benih bawang merah ke Kabupaten Malaka diharapkan komponen yang terlibat dalam pemeriksaan bibit supaya kerja baik-baik, agar benih yang diterima sudah sesuai aturan dan permintaan.

Petugas Kantor Karantina Pertanian Wilayah Kerja Pelabuhan Laut Wini (POPT Pelabuhan Wini), Vinsensius Nino kepada wartawan mengatakan benih bawang merah yang dikirim sudah mengantongi KT 12 yang dikeluarkan Karantina dari wilayah asal sudah ada.

“KT 12 yang dikeluarkan Karantina tempat asal itu sudah menjamin bibit bawang tersebut sudah layak dan sehat ditambah benih tersebut sudah berlebel biru yang menjamin kelayakannya.
Kami hanya mengecek dan memastikan kebenaran jumlah isi karena sudah ada KT 12 daerah asal,” paparnya.

Pihaknya akan mengeluarkan dokumen KT9 bila sudah dilihat barangnya sesuai jumlah, bawangnya layak, ditunjang dengan KT12 dan label biru.
”Harusnya pekerjaan ini kita lakukan saat barangnya tiba di Pelabuhan Wini. Tetapi atas permintaan pemilik barang untuk diperiksa di gudang saat bongkar, supaya semua komponen sama-sama menyaksikannya baik pemilik barang, pengawas benih dan pihak karantina,” bilangnya.

Baca Juga :   Pemda Malaka dapat Opini WDP. SBS: WTP Tetap jadi Target

Petugas BPSB Provinsi NTT, Andy mengatakan pihaknya bertugas untuk mengawasi peredaran benih yang masuk dan berkas-berkas pendukung benih yang datang dari luar.
”Benih yang sudah diperiksa dan dinyatakan layak sudah dibagi dan didrop ke kelompok penerima dan saat ini masih menunggu dua kontainer yang masih dalam perjalanan menuju Malaka.

“Tugas saya melakukan pemeriksaan berkas dan memeriksa kelayakan dan kualitas barang. Kami lakukan pengawasan pertama benih bawang merah sebanyak 69 ton, sudah diperiksa dan clear serta dilengkapi dengan semua dokumen pendukung dan bisa dibagikan kepada penerima. Hari ini kami periksa 81 ton benih bawang merah yang dikirim dalam dua kontainer, siap diperiksa dan dibuatkan dokumen pemeriksaan serta terbitkan dokumen untuk selanjutnya dikirim ke propinsi dan kabupaten,” pungkasnya. (edy sumantri)

Loading...
To Top