EKONOMI

Kementan Bantu Sapi dan Babi untuk Kelompok di Malaka

Sosialisasi bantuan ternak.

BETUN, Kilastimor.com–Masyarakat Malaka khususnya peternak terus mendapat bantuan dari Pempus. Terbaru, kelompok peternak akan mendapat bantuan budidaya ternak seperti sapi, babi dan kambing untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Budidaya ternak selain untuk peningkatan ekonomi, juga untuk meningkatkan populasi ternak di Kabupaten Malaka.
Demikian Plt. Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Malaka, Dr. Yohanes Bernando Seran, SH.M.Hum kepada wartawan, Sabtu (24/8/2019).

Nando Seran sapaan karibnya mengatakan dalam tahun 2019 Dinas Ketahanan Pangan akan melaksanakan beberapa program strategis dibidang peternakan sebagai implementasi konkrit Program unggulan Bupati Malaka dibidang RPM komodi peternakan.
“Kita harapkan dengan program ini dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat dan populasi ternak di Malaka dapat ditingkatkan,” sergahnya.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malaka, Methilde Seran, S.Pt kepada wartawan mengatakan dalam tahun anggaran 2019 pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian memberikan bantuan ternak kepada rakyat Malaka
berupa ternak babi 200 ekor untuk 20 kelompok dan 50 ekor sapi untuk 5 kelompok. Setiap kelompok mendapatkan bantuan 10 ekor dan ternak kambing 25 ekor untuk satu kelompok penerima yang ditempatkan khusus di perbatasan.

“Kita diminta kementerian untuk siapkan kelompok penerima dan siapkan lokasi. Sebelum bantuan turun ada CPCL dari UPT yang sudah ditugaskan Dirjen,” tambahnya.

Untuk ternak babi lanjutnya, ditangani UPT dari Denpasar dan ternak sapi ditangani UPT dari Baturaden, Semarang. “Kesiapannya, untuk ternak sapi petugas dari Baturaden, Semarang sudah datang menverifikasi kelompok penerima dan selesai. Saat ini pembuatan kandang juga sudah selesai dan tinggal dikirim dokumen foto, selanjutnya pihak kementerian datang ke Malaka melakukan pengecekan terakhir termasuk mengadakan bibit sapi di Malaka sesuai kebutuhan kelompok.
Sementara itu untuk ternak babi, dinas teknis sementara mengawal pengerjaan kandang babi sesuai petunjuk kementrian. Sedangkan ternak kambing sebanyak 25 ekor akan diserahkan kepada satu kelompok yang berbatasan langsung dengan RI-RDTL sesuai arahan kementrian. (edy sumantri)

Baca Juga :   BPMPD Malaka Beri Pelatihan Siskeudes kepada Aparat Desa
Loading...
Loading...
Loading...
To Top