TIMOR

DPRD Malaka Diminta Kedepankan Bonum Commune

Adrianus Bria Seran

BETUN, Kilastimor.com-25 Anggota DPRD Malaka periode 2019-2024 telah diambil sumpah dan janji jabatan secara resmi dalam sidang paripurna di Aula Glory Hall Betun, Senin (9/9/2019) lalu.
Dari 25 anggota tersebut, 16 diantaranya merupaka wajah baru alias baru pertama kali menempati kursi empuk tersebut.

Mereka diharapkan untuk bisa meningkatkan kinerja DPRD lima tahun bersama sembilan anggota lama.

Salah seorang warga Betun, Hilarius Wau mengatakan, suara rakyat adalah suara Tuhan (Vox Populi Vox Dei) telah disematkan didada dan pundak DPRD, agar dalam mengembangkan tugas dan fungsi sesuai dengan harapan masyarakat
“Kami mengharapkan kepada anggota DPRD yang baru dilantik bekerjalah sesuai dengan aspirasi rakyat,” paparnya.

DPRD Malaka harap dia, bekerja dengan konsisten dan selalu komit untuk memperjuangkan hak-hak rakyat terutama kaum proletar.

Aktivis PMKRI Malaka, Jhon Seran Suri berharap terhadap dewan yang baru agar lebih getol dalam menjalankan fungsi dan tugas pokoknya yaitu dibidang anggaran (Budgeting) pengawasan (Controling) dan membuat aturan (Regulation)
“Momentun sumpah dan janji mereka telah ikrarkan hari ini dihadapan ketua pengadilan dan disaksikan oleh masyarakat Malaka pada umumnya harus menjadi modal untuk membangun Malaka.

“Kami berharap ikrar yang telah diucapakan tidak hanya sekedar lips service tetapi konsisten dan komitmen yang harus dijalankan sesuai fungsi dan tugas pokok yang ada sesuai dengan harapan masyarakat,” timpalnya sembari menambahkan, masyarakat sekarang butuh bukti bukan janji.

Baca Juga :   Lelang Jabatan Hadirkan Pejabat Belu yang Berkualitas

Yosman Seran mengatakan, momentum pelantikan DPRD yang ada, tidak dirayakan sebagai sebuah ajang seremonial saja, tetapi harus memaknai momen menjalankan amanah rakyat hingga lima tahun mendatang.

“Sebagai masyarakat, tentunya berharap agar kesejahteraan dan kebaikan bersama (bonum commune) menjadi titik tolak aspirasi masyarakat yang siap dan harus diutamakan,” Harapnya.

Ketua DPRD Sementara, Adrianus Bria Seran dalam sambutan menyampaikan, terima kasih kepada pemerintah beserta jajaran, Forkopimda dan seluruh masyarakat Kabupaten Malaka yang sudah memberikan dukungan dan kerja sama yang baik selama ini.

“Kita mengucapkan syukur kepada 25 anggota DPRD Malaka yang hari ini telah bersumpah dan berjanji sebagai representasi dari rakyat agar bersama-sama bekerja untuk membangun daerah ini yang lebih baik,” katanya.

Ia berharap kepada anggota dewan agar selalu bersinergi dengan pemerintah guna memberantas kemiskinan dan ketertinggalan bagi kemajuan pembangunan dan peningkatan dan kesejahteraan masyarakat dibawah misi besar kepemimpinan Bupati Sfeanus Bria Seran.

“Ini menjadi perjuangan besar untuk mengatasi masalah yang ada. Tugas dan fungsi sebagai anggota legislatif harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat karena suara rakyat adalah suara Tuhan,” sergahnya.

Pengucapan sumpah dan janji pada hakikatnya merupakan tekad untuk memperjuangkan aspirasi rakyat dengan berpegang teguh pada pancasila sebagai dasar negara dan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu kewajiban dan tanggung jawab harus dijalankan oleh setiap anggota DPRD.

Baca Juga :   KPU Serahkan Berkas Anggota DPRD Belu Terpilih ke Bagian Pemerintahan

“Menjadi anggota DPRD itu bukan hanya sekedar dekat dengan rakyat, tetapi harus berpihak kepada rakyat, setiap kebijakan yang dibuat oleh eksekutif harus mengakomodir kepentingan rakyat, termasuk pengalokasian anggarannya harus tepat sasaran, sehingga mampu membawa perubahan yang signifikan bagi kehidupan ekonomi masyarakat Malaka,” tutupnya. (edy sumantri)

Loading...
Loading...
Loading...
To Top