RAGAM

Haornas, Masyarakat Kota Kupang Diminta Berolahraga Dimana saja dan Kapan Saja

KUPANG, Kilastimor.com-Pemerintah Kota Kupang menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke–36 tahun 2019, bertempat di lapangan upacara kantor Wali Kota Kupang, Senin (9/9/2019).

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Kupang, Ir. Eduard Jhon Pelt. Turut hadir tokoh olahraga Nusa Tenggara Timur, Ir. Esthon Leyloh Foenay, M.Si, Pejabat yang mewakili Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kupang, yang mewakili Komandan Kodim 1604/Kupang, para Staf Ahli Walikota Kupang, Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kota Kupang, Para Camat dan Lurah serta peserta upacara yang merupakan ASN dan pelajar.

Dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, yang dibacakan oleh Inspektur Upacara bahwa tema besar Haornas tahun 2019 ini adalah “Ayo olahraga, dimana saja, kapan saja”. Tema ini mengandung makna bahwa olahraga itu mudah karena dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Menjadi penting agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan pada fasilitas olahraga yang tersedia.
“Pembangunan di dalam olahraga adalah tidak hanya jasmani, tetapi juga rohani. Dengan sehat rohani berarti telah mendukung kebijakan bapak Presiden tentang revolusi mental serta SDM Unggul Indonesia Maju,” kata mantan Kepala Bappeda.

Setelah melihat prestasi yang dicapai oleh para atlet Indonesia tahun 2018 pada Asian Games dan Asian Paragames, menjadi pertanda bahwa olahraga Indonesia telah menata fondasi prestasi yang cukup kuat dimulai dari usia dini, atlet unggulan dan atlet disabilitas. Dengan demikian harapan besar untuk membangun olahraga prestasi dengan melakukan pembinaan secara berjenjang dan mampu melampaui target yang ditentukan.

Baca Juga :   Binmas Polres Kupang Gelar Mimbar Kamtibmas di Masjid. Moris: Tertiblah Berlalulintas

Selanjutnya untuk optimalisasi pemassalan dan pembudayaan olahraga, perlu dilaksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat. Olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup. Permasalahan terbesar saat ini yakni derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah, maka dengan gerakan ayo olahraga diharapkan akan menjawab permasalahan tersebut.

Akhirnya Menpora menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua insan olahraga dan masyarakat yang selama ini telah bersama-sama dalam upaya memajukan olahraga di Indonesia. Rasa bangga tidak lupa disampaikan kepada para pahlawan-pahlawan olahraga dan peraih penghargaan olahraga. “Semoga semakin sukses dengan perjuangannya dalam peningkatan prestasi dan peningkatan minat masyarakat untuk berolahraga kedepannya,” tutup Ir. John Pelt.

Acara puncak upacara peringatan Haornas ke-36 ditutup dengan pelepasan balon udara oleh inspektur upacara dan para pejabat dan tokoh yang hadir serta pertunjukan atraksi olahraga dari atlet-atlet Kota Kupang seperti atraksi taekwondo dan karate. (sani asa)

Loading...
Loading...
To Top