RAGAM

Satgas Pamtas dan PNTL Kolaborasi Jaga Perbatasan RI-RDTL

Satgas Pamtas RI-RDTL beri pelayanan kesehatan.

ATAMBUA, Kilastimor.com-Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ telah resmi bertugas mengamankan perbatasan RO-RDTL Sektor Timur.

Dansatgas Pamtas, Mayor Inf Ikhsanudin didampingi Wadan Satgas, Kapten Inf Muhammad Riduan dan Pasi Intel Satgas Lettu Inf Mairi Hendra kepada awak media, Selasa (10/9/2019) di Pondok Indah Atambua mengatakan, pihaknya bertugas selama 9 bulan ke depan pada wilayah Sektor Timur Perbatasan Indonesia-Timor Leste. Tugas utama Satgas Pamtas yakni mengamankan perbatasan negara.

Terkait pengamanan perbatasan, pihaknya telah berkomunikasi dengan Kepolisian Timor Leste yang berada di wilayah perbatasan, agar bersama-sama menjalankan tugas menjaga perbatasan, serta berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan yang dilakukan oleh anggota Satgas Yonif Raider 142/KJ maupun PNTL Timor Leste.

Selain pengamanan lanjut dia, pihaknya melakukan kegiatan teritorial terbatas, salah satu program utama mencegah stunting melalui kegiatan pendataan kesehatan warga yang berdomisili di sepanjang garis perbatasan Indonesia-Timor Leste dan jauh dari fasilitas kesehatan.

“Kami melalui anggota kesehatan di semua pos perbatasan aktif melakukan pendataan kesehatan masyarakat dan menyambangi masyarakat dari rumah ke rumah, dengan tujuan memberikan pertolongan pertama jika menemukan warga yang sakit, salah satunya yang dilakukan oleh anggota di Pos Turiskain menemukan balita gizi buruk dan sudah berkoordinasi dengan Puskesmas Haekesak untuk menangani balita tersebut,” ungkap Mayor Ikshanudin.

Pihaknya juga akan melakukan berbagai kegiatan lainnya berupa bhakti sosial berupa pengobatan gratis, program bedah rumah serta program jamban sehat, agar masyarakat semakin peduli akan pentingnya pola hidup bersih dan sehat.

Baca Juga :   DPRD Malaka Terpilih Dilantik 9 September

Selain itu pihaknya juga aktif melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat perbatasan melalui kegiatan perikanan darat dan aktivitas perbengkelan bagi para kaula muda, serta pertanian dan perkebunan.

Terhadap pelaksanaan tugas sebagai Satgas Pamtas, pihaknya meminta dukungan penuh dari awak media agar senantiasa berkoordinasi dan berkomunikasi dengan menjalin kemitraan yang solid antara media dan TNI bersama-sama membangun masyarakat Perbatasan menjadi lebih sejahtera. (ferdy talok)

Loading...
Loading...
To Top