TIMOR

BUMDes di Malaka Bisa Belajar di BUMDes Weo

Alin Yurianto Gagariandi

BETUN, Kilastimor.com-Bumdes Loro Bauna, Desa Weoe Kecamatan Wewiku, siap mengembangkan usahanya, bila ada tambahan modal baik dari pemerintah desa maupun Dinas Koperasi dan UKM Malaka “Kita ingin mengembangkan usaha pembelian hasil pertanian dan peternakan di wilayah Weoe, agar masyarakat desa tidak di permainkan harga oleh pengusaha yang hanya mementingkan keuntungan pribadi,” papar
Ketua Bumdes Loro Bauna Desa Weoe Alexander Teti Tahu, Jumat (18/10/19) di Betun.

Disebutkan, Bumdes Loro Bauna saat ini yang sementara berjalan yaitu selain usah menerima hasil pertanian, juga mengembangkan usaha simpan pinjam, baik uang maupun bahan pangan berupa sembako.

Dirinya berharap dukungan semua pihak demi kemajuan bumdes di desanya dan demi kesejahteraan masyarakat desa.

Terpisah, Ir. Alin Yurianto Gagariandi, M.Si
Kepala Sub Direktorat Pengembangan Daerah Perbatasan Wilayah II Ditjen Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) memberikan apresiasi kepada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Loro Bauna, Weowe.

Pasalnya, Bumdes Loro Bauna Weoe yang dikelola oleh Ketua pengurus Bumdes, Alexander Teti Tahu
mempunya segmen usaha produktif dan kreatif yakni menampung hasil bumi dari masyarakat desa. “Bumdes Kalau dikelola dengan baik dan benar, bisa menambah penghasilan dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di desa tersebut,” timpalnya.

Alin Yurianto menambahkan kalau bisa desa – desa lain melakukan studi banding (Stuba) ke Desa Weoe dari pada mengeluarkan biaya tinggi studi banding di pulau Jawa.

Baca Juga :   Pancasila Sebagai Pemersatu Bangsa Selaiknya Dipertahankan

Lebih lanjut Ir. Alin Yurianto mengatakan dirinya segera mendorong Dinas PMD agar mendata lebih detil lagi Bumdes yang ada di setiap desa dan segera lakukan kerja sama antara Desa
dengan bumdes.

“setelah ada pertumbuhan maka dari pihak kementerian akan melaksanakan pembinaan,” tutup Alin Yurianto.(edy sumantri)

Loading...
Loading...
To Top