TIMOR

Dua Kades di Malaka, Stuba di Desa Lakekun dan Lakekun Barat

BETUN, Kilastimor.com-Dua Kepala Desa (Kades) dari Desa Nauke Kusa dan Desa Teniu Manu Kacamatan Laenmanen, melakukan Studi Banding (Stuba) di Desa Lakekun dan Desa Lakekun Barat.

Kades Nauke Kusa, Anselmus Duli Berek,
Ketika dijumpai media ini di Desa Lakekun senin(7/10/19) memgatakan, hari ini dirinya merasa senang dan bangga karna di Kabupaten Malaka ada dua Desa bisa dijadikan tempat stuba yaitu Desa Lakekun dan Lakekun Utara, Kecamatan Kobalima. “Dari pada kita stuba di luar NTT khususnya di Jawa, lebih baik daerah kita sendiri,” tutur Kades Ansel.

Menurutnya, pihaknya melakukan stuba bersama pendamping desa dan disini banyak mendapatkan pengalaman baru. “Kami akan terapkan di Desa kami. Contohnya di Desa Lakekun Barat memanfaatkan Badan usaha milik desa (Bumdes) untuk mengelola
usaha yang dikelola oleh Pemerintah Desa. Seperti budi daya ikan air tawar dan bisa menjaring wisatawan untuk datang,” tuturnya.

Kepala Desa Lakekun sebutnya sangat kretif dan bisa memanfaatkan barang bekas yang sudah tidak terpakai, seperti botol bekas minuman air mineral, kardus dan lain sebagainya, untuk diolah menjadi bahan kerajinan seperti, topi hiasan dinding, gantungan kunci dan sebagainya. “Jadi intinya kita akan belajar banyak dari dua desa ini,” Tutup Ansel.

Terpisah, Kepala desa Lakelun Barat, Luan Marternus merasa senang ada kunjungan dari desa tetangga, untuk bisa saling mengisi dan berbagi ilmu demi kemajuan desa kita masing-masing.

Baca Juga :   Bupati Malaka Uji Coba Penerangan Lapangan Umum Betun

Menurutnya, dalam waktu dekat kolam ini, dibuka untuk umum. Tahun lalu sudah ditebar nener sebanyak 3.500 ekor. Saat ini nener ikan nila dan mas sudah cukup besar.

Kolam ini lanjutnya, penggelolanya diserahkan ke Bumdes dan akan dijadikan tempat pemancingan umum agar masayarakat luar maupun dalam kabupaten, bisa berekreasi disini.

“Kita juga sudah menyiapkan sembilan lopo yang disiapkan masing-masing dusun dari sembilan dusun dan masing masing dusun. Setiap dusun bertanggung jawab atas perawatanya,” pungkasnya.

Kepala Desa Lakekun, Cecilia Valeriana Uduk sangat tersanjung karena Dua Kepala Desa (Kades) dari Desa Nauke Kusa dan Desa Teniu Manu Kacamatan Laenmanen, sudah mempercayai desanya menjadi tempat stuba.

“Sebelum saya menjadi kepala desa, saya selaku saya pernah menjabat sebagai TP PKK tingkat kecamatan. Saya membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang sudah tidak digunakan seperti botol, gelas bekas kemesan minuman mineral kardus dll yang kami olah menjadi bahan yang layak untuk dijual seperti topi, bunga hiasan meja dan gantunagan kunci.
“Kita juga mengolah kulit pisang yang dijadikan minuman segar penghangat tubuh,” ungkapnya. (edy sumantri)

Loading...
Loading...
To Top