RAGAM

Lay: Kehadiran Pimpinan DPRD Belu Sebagai Pemacu Semangat Kerja Sama

ATAMBUA, Kilastimor.com-Tiga pimpinan DPRD Belu, telah resmi diambil sumpah dan janji jabatan oleh Ketua Pengadilan Negeri Kelas IB Atambua, Anak Agung Gede Susila Putra, SH, M.Hum, Jumat (11/10/2019). Adapun tiga pimpinan DPRD Belu yang diambil sumpah dan janji yakni, Ketua DPRD, Jeremias Manek Seran Jr, Yohanes Jefri Nahak dan Cyprianus Temu sebagai Wakil Ketua I dan II DPRD Belu.

Pantauan media ini, pengambilan sumpah dan janji Pimpinan DPRD Belu dihadiri Bupati Belu, Willybrodus Lay, Ketua TP PKK Belu, Ny. Vivi Ng. Lay, Dandim 1605/Belu, Letkol (Inf) Ari Nugroho, Kajari Belu Alfons G. Loe Mau, Ketua KPU Belu, Mikhael Nahak, Ketua Bawaslu, Andre Parera, Sekwan Belu, Servas Boko, pimpinan OPD dan para undangan lain.

Bupati Belu, Willybrodus Lay dalam sambutannya mengemukakan, pemerintah memberikan apresiasi atas proficiat atas pengambilan sumpah dan janji pimpinan DPRD Kabupaten Belu.
Disebutkan, dalam mengawali tugas hendaknya mendasari dengan pengabdian yang mengedepankan tujuan, sebagaimana termuat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yakni melindungi setiap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia dalam melaksanakan tri fungsi dewan perwakilan rakyat daerah.

Dikatakan, menjadi harapan bersama bahwa momentum ini dijadikan pemacu semangat segenap anggota dewan yang terhormat, untuk memanfaatkan lembaga ini sebaik-baiknya, sebagai jalur aspiratif yang efektif, dengan pola pendekatan yang arif dan bijaksana etis, humanis terhadap segala masalah yang dialami masyarakat.

Baca Juga :   Laporan Stuba Komisi I DPRD Malaka di Minahasa (2). Alokasi Dana Desa Dikelola Secara Terbuka

“Peristiwa ini juga menjadi Jalan bagi kita untuk terus membangun komunikasi secara intens dengan pemerintah daerah, untuk mewujudkan komitmen sebagai mitra demi terwujudnya masyarakat Belu yang berkualitas, maju, mandiri, sejahtera berbudaya dan demokratis,” ungkapnya.

Dirinya yakin dan percaya, bahwa Ketiga orang yang memimpin DPRD akan menjalankan tugas dengan baik.

Masih menurutnya, tiga pimpinan berasal dari Partai Demokrat dari Partai Golkar dari Partai Nasdem. Tentunya mereka akan menjaga marwah partai. Pasalnya, mereka adalah orang-orang pilihan rakyat yang diyakini mampu menjembatani aspirasi dan kepentingan masyarakat Kabupaten Belu tercinta.

Dia meminta, pergunakanlah kepercayaan ini dengan sebaik-baiknya dengan jiwa yang tulus dan bertindak secara Arif bijaksana dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai pimpinan DPRD kabupaten Belu.

Pada kesempatan itu, dirinya atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Belu mengucapkan selamat bertugas kepada anggota DPRD kabupaten Belu masa bakti 2019-2024 dan kiranya Tuhan senantiasa memberkati.

Ketua DPRD Belu, Jeremias Manek Seran Jr dalam sambutannta mengatakan, semua yang hadir telah bersama mengikuti jalannya rangkaian acara rapat paripurna DPRD Babupaten Belu dalam rangka peresmian dan pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD kabupaten Belu masa jabatan 2019-2024, yang berlangsung secara hikmat bermartabat dan lancar.

Pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD kabupaten yang dilaksanakan pada hari ini kiranya membawa perubahan terutama dalam setiap pikiran dan tindakan pimpinan bersama seluruh anggota DPRD kabupaten Belu, demi kesejahteraan rakyat Rai Belu.

Baca Juga :   Koruptor Harus Membayar Kerugian Negara

Dikatakan, momentum hari ini sangat penting bagi masyarakat dan pemerintah dalam lima tahun ke depan, terkait perumusan kebijakan dan peraturan daerah dalam fungsi legislasi keberpihakan anggaran untuk rakyat dalam fungsi anggaran dan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan dan pembangunan dalam fungsi kontrol.

DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah katanya, dalam bingkai kemitraan bersama seluruh jajaran pemerintahan Kabupaten.
“Mari kita sebagai pimpinan wujudkan kebersamaan dalam kepemimpinan yang demokratis dan kolektif kolegial di lembaga terhormat ini,” imbuhnya.

Kepada seluruh anggota DPRD kabupaten Belu ujarnya, marilah semua berpolitik sebagai negarawan, sebagai politisi dalam lembaga perwakilan rakyat. Perbedaan pandangan dan sikap politik seluas apapun adalah lumrah dan wajar, namun sesuai etika dan norma politik serta semangat persaudaraan dan kebersamaan.

“Ruang diskusi, dialog dan pertarungan ide dan gagasan untuk membangun sebagai ukuran kualitas kita dalam berpolitik di lembaga dewan yang terhormat harus dikedepankan. Kita menempatkan aspirasi dan kepentingan rakyat sebagai simbol yang mempersatukan dan puncak perjuangan kita dalam kurun waktu 5 tahun. Kita berada di gedung dewan terhormat, atas suara rakyat. Oleh karena butuh kerja keras sebagai buah karya dan pengabdian kita demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Belu,” katanya.

Agenda kedepan terang dia, pimpinan bersama segenap anggota DPRD kabupaten Belu akan segera melaksanakan pembentukan dan pengesahan alat kelengkapan dewan, baik badan-badan maupun komisi-komisi. Sebagai informasi bahwa dalam masa kepemimpinan sementara fraksi-fraksi telah terbentuk beberapa saat yang lalu. (ferdy talok)

Baca Juga :   September Ceria , NSS Kupang Beri Potongan Tunai Sampai dengan Rp 3 Juta
Loading...
Loading...
To Top