TIMOR

Pemerintah Desa Kakaniuk Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa

Aparat Desa Kakaniuk ikut pelatihan.

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Desa Kakaniuk, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa selama sehari yang berlangsung di wilayah itu, Rabu (2/10/2019). Kegiatan pelatihan ini dibuka secara resmi Camat Malaka Tengah, Eduardus Atok Bere.

Dalam arahannya, Camat Eduardus mengatakan pelatihan ini sangat penting dalam menunjang berbagai kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di wilayah desa.
“Kepada setiap aparatur diharapkan agar melalui pelatihan ini memberikan dampak positif dalam seluruh kegiatan di desa dan terutama untuk penggunaan dana desa,” ujarnya.

Dirinya juga mengungkapkan, kegiatan pelatihan ini sangat penting juga, sehingga aparatur desa mengetahui tugas pokok dan fungsi masing-masing serta mengetahui perencanaan, pelaksanaan, penata usaha dan pelaporan pertanggungjawaban pengelolaan dana desa dan terampil dalam pembuatan sistem keuangan desa.

Sementara itu Kepala Desa Kakaniuk, Petronela Luruk mengemukakan kegiatan ini sebagai acuan yang sangat berarti dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan di wilayah desa dan juga mengetahui tentang manajemen administrasi desa.

Dia juga berharap kegiatan ini senantiasa menjadi motivasi bagi aparatur untuk bekerja memajukan wilayah desanya.

“Kegiatan sebagai salah satu nilai tambah bagi aparatur untuk memahami dan mengetahui tentang kebijakan umum program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa dan implementasi UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Kepala Desa dua Periode ini juga mengatakan melalui kegiatan ini harapannya agar aparatur desa dapat mengelola pembangunan desa sejak tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelestarian kegiatan serta mampu menyusun dokumen RPJMDes, Dokumen RKPDes dan Dokumen APBDes.

Baca Juga :   Persab Belu dan Persamba Manggarai Barat Lakoni Laga Hidup-Mati Minggu Malam Nanti

Kegiatan Pelatihan ini menghadirkan beberapa Narasumber antara lain Inspektur Inspektorat Kabupaten Malaka Remigius Leki, Tenaga Ahli Profesional P3MD Kabupaten Malaka Daniel Mahodim, Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif Kabupaten Malaka Banda Yuliana, Admin Siskeudes Kabupaten Malaka Benediktus Leki dan Pendamping Desa Kecamatan Malaka Tengah, Titus Labut. (*/edy sumantri)

Loading...
Loading...
To Top