POLITIK

Penentuan Calon Pimpinan AKD Belu Alot, Selasa Besok Paripurna Pemilihan

ATAMBUA, Kilastimor.com-Penentuan Alat Kelengkapan DPRD (AKD) Belu alot. Pasalnya fraksi-fraksi mengusulkan calonnya untuk memimpin komisi dan badan yang ada. Untuk diketahui di DPRD Belu terdapat tiga komisi yakni Komisi I, II dan Komisi III. Sementara badan sebanyak tiga, yakni Badan Anggaran (Banggar), Badan Pembentukan Perda (Bapenperda) dan Badan Kehormatan (BK). Untuk Banggar dengan sendirinya dipimpin oleh Ketua DPRD Belu. Sedangkan lainnya melalui proses pemilihan di komisi dan badan.

Pantauan media ini, perebutan komisi dan badan alot, karena fraksi-fraksi yang ada menyodorkan calonnya. Akhirnya dilakukan lobi-lobi politik antar fraksi maupun diantara anggota DPRD Belu.
Berdasarkan informasi yang dihimpun, Gerindra menyodorkan salah satu anggotanya menjadi Ketua Komisi I, yakni Marten Naibuti dan sejumlah nama lain.
Sementara Ketua Komisi II Golkar menyodorkan anggotanya, Theo Manek sedangkan Nasdem menyodorkan Beny Manek dan Demokrat mendorong Mauk Martinus dan PKPI ada Eduardus Mauboy. Untuk Komosi III, PDIP menyodorkan Yohanes Juang dan Aquilina IlI, sedangkan Nasdem mengirim nama Edmundus Tita dan Aprianus Hale. Sementara untuk Badan Kehormatan muncul calon Mauk Martinus, Benediktus Hale dan Rofinus Manek. Untuk Bapenperda ada Yakobus Manek sejumlah nama lain.

Dari semua nama yang ada, nantinya akan dipilih dalam paripurna yang digelar, Selasa (16/10/2019).

Ketua DPRD Belu, Jeremias Manek Seran Jr mengemukakan, pihaknya hari ini menyelesaikan nama-nama anggota Komisi dan Bapenperda. Semua fraksi sudah mengirimnya, termasuk calon Ketua, Sekretaris dan Wakil Ketua Komisi. Hal yang sama juga untuk Bapenperda maupun anggota Banggar.

Baca Juga :   SBS Ziarah ke Pusara Almarhum Daniel Asa

Karena sudah tuntas soal nama-nama anggota Komisi dan Badan, pihaknya akan memilih pimpinan komisi pada paripurna besok. Jika sudah, maka langsung disahkan dan AKD bisa terbentuk.

Hal yang sama dikatakan, Wakil Ketua DPRD Belu, Yohanes Jefri Nahak. Dia menyebutkan walau sedikit alot, namun distribusi anggota komisi dan badan sudah ada. Tinggal dilakukan pemilihan pimpinan komisi dan Bapenperda. “Kita tunggu dalam sidang paripurna besok,” tandasnya. (ferdy talok)

Loading...
Loading...
To Top