RAGAM

Wawali Kupang Terima Mr. Marcel Steffen dari Helping MAN Zofingen, Swiss

Wawali pose bersama Mr. Marcel Steffen

KUPANG, Kilastimor.com-Wakil Wali Kota dr. Hermanus Man menerima kunjungan Mr. Marcel Steffen dari asosiasi non-profit yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan “Helping MAN Zofingen-Swiss, Kamis (3/10/2019) di Ruang kerja Wakil Wali Kota Kupang.

Marcel Steffen yang telah kedua kalinya berkunjung di Kota Kupang tersebut mengaku sudah 30 tahun melakukan perjalanan keliling dunia untuk menolong sesama. Dalam kunjungannya, ia selalu membawa bantuan terutama berupa barang yang menggunakan jasa kontainer/peti kemas.

Dalam kunjungan kali ini, dirinya mengaku membawa bantuan berupa barang-barang medis, perlengkapan olahraga, peralatan untuk kaum disabilitas ke negara yang ia kunjungi.
Bantuan tersebut ia himpun dari banyak organisasi yang mensponsori upaya kemanusiaannya tersebut dengan cara hibah.

Tujuannya bertemu Wakil Wali Kota Kupang adalah untuk meminta bantuan Pemerintah Kota Kupang agar dapat memfasilitasi penyaluran bantuan yang dibawa.
Barang-barang tersebut berupa peralatan medis dan alat bantu untuk disabilitas yang akan diberikan kepada fasilitas kesehatan maupun masyarakat NTT yang membutuhkan.

Wakil Wali kota Kupang, dr. Hermanus Man kemudian mengusulkan agar, Mr. Marcel Steffen bersurat secara resmi kepada Gubernur NTT agar dapat difasilitasi penyaluran bantuan tersebut ke daerah-daerah di NTT terutama pada fasilitas/pusat kesehatan atau rumah Sakit.

Wakil Walikota Kupang, dr. Hermanus Man menguraikan yang paling dibutuhkan saat ini di Kota Kupang adalah bantuan untuk puskesmas dan kaum disabilitas.

Baca Juga :   Ario: Saya hanya ingin Diakui Sebagai Anak Kandung oleh Mario Teguh

Mr. Marcel Steffen mengaku siap membantu Pemkot Kupang. Hanya saja, ia kesulitan dalam hal transportasi mendatangkan barang-barang yang dikemas dalam kontainer setinggi 20 kaki tersebut dari Surabaya ke Kupang.
Wakil wali kota Kupang, dr. Hermanus Man menawarkan bantuan yang dibutuhkan jika Mr. Marcel Steffen bisa memberikan daftar barang yang akan didatangkan tersebut.

Rencananya, Mr. Marcel Steffen juga akan membawa bantuan bagi masyarakat Kota Kupang di tahun depan. Untuk itu, Dinas Kesehatan Kota Kupang diminta membuat daftar yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Menjawab permintaan itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sri Wahyuningsih mengatakan pihaknya akan segera mendata kebutuhan alkes di Kota Kupang untuk disampaikan kepada Mr. Marcel.

Pada kesempatan itu, Mr. Marcel Steffen juga menyampaikan keprihatinannya mengenai lingkungan di berbagai wilayah di Indonesia dimana masih banyak terdapat sampah, terutama sampah plastik yang dibuang sembarangan. Untuk itu, pihaknya beberapa kali telah melaksanakan kegiatan pembersihan (clean up) di Maumere dengan memungut sampah menggunakan peralatan seperti tongkat sehingga tidak perlu menyentuh sampah dengan tangan.
Dirinya mendorong Pemerintah Daerah agar memiliki sistem daur ulang khususnya sampah plastik dan berupaya mengedukasi masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Menanggapi hal tersebut, dr. Hermanus Man mengatakan bahwa Pemerintah Kota Kupang juga peduli akan persoalan lingkungan terutama bagaimana mengurangi sampah plastik dengan berbagai upaya seperti kegiatan pungut sampah secara berkala oleh ASN dan masyarakat serta program bank sampah yang dilaksanakan oleh Pemerintah sendiri maupun melalui kemitraan dengan stakeholder seperti PT Pegadaian persero.

Baca Juga :   Indonesia Masuk Daftar 10 Negara Teraman di Dunia

Bahkan Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan telah melaksanakan pelatihan membuat briket paving blok yang terbuat dari sampah plastik.

Wakil Walikota Kupang mengatakan jika pihak Helping MAN memiliki program daur ulang plastik maka Pemerintah Kota Kupang bersedia bekerja sama dalam rangka mengurangi sampah plastik. (sani asa)

Loading...
Loading...
To Top