TIMOR

Ditolak jadi Warga Desa Asumanu, Bernadus Loe Sekeluarga Tinggal di Maubusa Garis Batas RI-RDTL dengan Kondisi Memprihatinkan

Bernadus Loe mengadukan nasib keluarganya kepada Waki Ketua DPRD Belu.

ATAMBUA, Kilastimor.com-Nasib naas dialami Bernadus Loe bersama keluarga. Ditolak menjadi warga Desa Asumanu, Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu, Bernadus Loe bersama istri dan anak-anak tinggal di pinggiran sungai Maubusa yang merupakan batas langsung dengan Dusun Leohitu, Distrik Bobonaro, Timor Leste.
Penolakan satu keluarga itu mengemuka ketika Bernadus Loe bertemu, Wakil Ketua DPRD Belu, Cyprianus Temu, Senin (4/11/2019) di ruang kerjanya.

Bernadus Loe kepada DPRD Belu juga Camat Raihat, Raymundus Bele Bau menyebutkan, dirinya pindah dari Naitimu ke Asumanu sejak 2014 silam dan ingin menetap di desa tersebut.

Tiba di Asumanu, dirinya yang merupakan warga pindahan langsung menghadap Kades Asumanu saat itu, Emilia Lotuk, untuk melaporkan kepindahannya. Namun hingga kini tidak diizinkan menjadi warga desa tersebut, tanpa diketahui alasannya. “Saya tiga kali menghadap kades yang kini telah habis masa jabatan, tapi tidak juga dapat jawaban,” ujarnya.

Karena kondisi itu bilang Bernadus, dirinya bersama keluarga terpaksa tinggal di Maubusa, di garis batas RI-RDTL dalam kondisi serampangan dan tanpa status kependukan di desa tersebut.

Disebutkan, dirinya dan keluarga bukan orang asing di desa tersebut, karena mereka berasal dari Desa Asumanu sebelum keluar dan berdomisili di Naitimu.

Mendengar keluhan tersebut, Wakil Ketua DPRD Belu, Cyprianus Temu menyesalkan adanya penolakan sebagai warga desa Asumanu. Harusnya kata dia, kepala desa menfasilitasi jika warga tersebut tidak memiliki dokumen kependudukan termasuk pindah penduduk. Bukan sebaliknya menolak sesama warga Belu.

Baca Juga :   Buyanaya: Ada Kekosongan Hukum Soal Wewenang MPR dan MK

Pada kesempatan itu, dia meminta Camat Raihat segera mengurus dokumen kependudukan yang dibutuhkan, dan menfasilitasi pindah penduduk dengan penjabat Desa Asumanu saat ini.

Camat Raihat, Raymundus Bele Bau menyebutkan, pihaknya segera membantu Bernadus Loe sekeluarga mendapatkan hak kependudukan dan siap menfasilitasi agar keluarga yang bersangkutan menjadi warga Desa Asumanu.

Dikatakan, dirinya bersama Bernadus Loe akan mengurus dokumen di Discapilduk Belu, untuk kemudian diantar ke Desa Asumanu.

Terpisah, Emilia Lotuk, mantan Kades Asumanu belum berhasil dikonfirmasi terkait pengaduan itu. (ferdy talok

Loading...
Loading...
To Top