TIMOR

Gerakan Kupang Hijau Dideklarasikan Wali Kota. “Setiap orang Tanam Satu pohon”

KUPANG, Kilastimor.com-Gerakan Kupang Hijau (GKH) dilaksanakan di arena Car Day (CFD). Pada Sabtu, (16/11/2019) Acara tersebut dibuka Oleh Wali Kota Kupang, Dr. Jefri Riwu Kore.

Dalam sambutannya Wali Kota Kupang itu mengatakan, gerakan ini merupakan bagian dari gerakan bersama untuk menjadikan Kota Kupang sejuk dan nyaman bagi setiap warga Kota Kupang.

Kupang hijau pintanya, adalah tanggung jawab moral dari masyarakat kota. Jadi semua diajak menanan pohon disetiap halaman rumah masing-masing. Satu keluarga tanam satu pohon dan satu ASN tanam satu pohon.

Direktur Bank NTT, Izahk Eduard Rihi dalam sambutannya ia juga mendukung Program Pemerintah Kota Kupang untuk menghijaukan Kota ini, supaya menjadi sejuk dan asri dipandang. ” Kami mendukung pwnuh gerakan ini,” bilang dia.

Ini katanya, merupakan gerakan peduli lingkungan di Kota Kupang, agar asri, rindang dan teduh.

Sementara itu, Ketua Ombusman Republik Indonesia Perwakilan NTT Darius, mengajak masyarakat kota untuk menanam pohon disetia pengarangan rumah.
Darius, meminta Wali Kota Kupang untuk memberikan salah satu tanah Kosong untuk Ombusman NTT bisa menanam pohon sebagai tanda tanggung jawab kepada Kota ini juga. “Jangan kami hanya mengkritik tetapi melakukan tindakan nyata juga. Kami meminta Pemerintah Kota bisa memberikan Taman Nostalgia untuk menanam pohon dan kami siap jaga dan rawat,” kata Darius.

Lanjut Pimpinan Ombusman itu, membuat hutan kota perlu, sehingga setiap tamu yang kunjungi Kupang dari Jakarta atau dari manapun, dibawa ke sana untuk bisa menanam satu pohon di hutan Kota. Tentunya suatu saat ia akan rindu datang kembali ke Kupang untuk melihat pohon yang ditanam.

Baca Juga :   Perarakan Besar Malaka Tingkatkan Iman Umat

Pendeta Yusuf Nakmofa, dalam sambutannya ia mengucapkan selamat atas deklarasi Kupang Hijau. “Kami dari Gereja GMIT Timor mendukung penuh gerakan ini,” bilangnya.

Lanjut Sekretaris Sinode GMIT, Gereja pada Tahun 2016 juga sudah pernah melakukan gerekan tanam air, gerakan pelihara air dan gerakan panen air, jadi dihimbau semua pendeta di Kota Kupang untuk tanam air.

Turut hadir Senator Asal NTT yang juga Ketua TP PKK Kota Kupang, Hilda Manafe, yang Juga ambil bagian menanam pohon sebagai bukti nyata mendukung Program Kupang Hijau.

Hadir pada kesempatan itu, sekitar 5.000 peserta dari berbagai lapisan masyarakat Kota Kupang, pelajar dan para guru. Terlihat juga Ketua MUI NTT, KH. Abdul Kadir Makarim, Sekretaris PHDI NTT, Ketua Umat Budha NTT, perwakilan Keuskupan Agung Kupang dan Forkopimda Kota Kupang serta para ASN Kota Kupang. (sani asa)

Loading...
Loading...
To Top