TIMOR

Kades se-Wewiku Belajar Pertanian di Kerawang

BETUN, Kilastimor.com-Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Malaka, Yustinus Nahak dan Camat Wewiku, Manfred Yohanes Laak pimpin Kaji Banding Kepala Desa se-Kecamatan Wewiku di Desa Jaya Makmur, Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Selasa (5/11/2019).

Kaji banding para kades se-Kecamatan Wewiku, dalam rangka melihat dari dekat kegiatan demonstrasi pertanian yang terintegrasi baik tanaman pangan, hortikultura maupun peternakan itik dan bebek.

Kades Jaya Makmur, H. Endang Sutisna dalam kesempatan penerimaan rombongan menyampaikan rasa tersangjungnya kepada tim kaji banding dari Kabupaten Malaka yang berkunjung ke wilayah desanya.
”Kami merasa tersanjung karena tim kaji banding dari Kabupaten Malaka datang mengunjungi kami. Inilah keadaan kami. Silahkan lihat dan hal yang baik dibawa pulang dan yang tidak baik ditinggalkan disini,” ujarnya seperti dikutip Kadis TPHP Malaka itu.

Camat Jayakerta, Budiman dalam kesempatan itu menyampaikan sapaan selamat datang kepada rombongan Malaka. “Inilah kami, bawalah yang bisa diterapkan di Malaka,” ungkapnya.

Kadistan Malaka, Yustinus Nahak mengatakan keadaannya di Jabar tidak jauh berbeda dengan di Malaka.
”Yang beda adalah di Karawang air limpah dari Waduk Jatiluhur sedangkan di Malaka airnya masih sangat terbatas,” bebernya .

Kepala UPTD Karawang, Dody dalam kesempatan itu mengatakan sejak tahun 2015 Kementan mengalokasikan kegiatan DENPAM di Karawang -Jawa Barat. ”Tujuannya adalah untuk mengatur air agar tidak kurang dimusim kemarau dan dan tidak meluap pada musim hujan,” terangnya.
Dari situlah, pengelolaan pertanian berjalan dengan baik.

Baca Juga :   Pemda Malaka akan Cabut Izin SPBU yang Langgar Ketentuan

Kegiatan kaji banding dihadiri seluruh desa di Kecamatan Wewiku, Camat Wewiku dan Kadis TPHP Kabupaten Malaka, terhitung 3-7 Nopember 2019. (edy sumantri)

Loading...
Loading...
To Top