HUKUM & KRIMINAL

Penjabat Kades Babulu Selatan Segera Dilantik, Paulus Lau Diberhentikan Sementara

Agustinus Nahak

BETUN, Kilastimor.com-Nasib Kepala Desa Babulu Selatan, Paulus Lau bakal selesai. Pasalnya, setelah resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus persekusi NB, dan ditahan pihak kepolisian, kini Pemda Malaka melalui Dinas PMD Malaka sedang mempersiapkan penjabat kepala Desa Babulu Selatan, untuk menggantikan Paulus Lau.

Kedis PMD Malaka, Agustinus Nahak kepada media ini, Senin (5/11/2019) di ruang kerjanya mengatakan, sesuai jadwal, pelantikan penjabat kepala desa se-Kabupaten Malaka, akan dilaksanaka Desember 2019 mendatang.

“Secara formal, kepala desa yang tersandung masalah hukum akan mendapatkan sanski sesuai dengan tingkat kesalahannya,” Jelas Agustinus
Sanksinya yakni, Paulus Lau akan diberhentikan sementara dan pemerintah akan mempersiapkan penjabat kepala desa guna melaksanakan roda Pemerintah Desa Babulu Selatan.

“Kami sedang mempersiapkan penjabat kepala desa. Memang jadwal pelantikan para penjabat kepala desa di Malaka bulan Desember,” ungkap Agustinus

Pihaknya juga masih melakukaan konsultasi hukum terkait status kepada Desa Babulu Selatan sebelum kades yang bersangkutan diberhentikan sementara.

Terkait masus yang dihadapi Paulus Lau, pemerintah menyerahkan sepenuhnya masalah tersebut diproses secara hukum. Namun secara adat juga perlu dilakukan sehingga kondisi kehidupan sosial masyarakat pasca kejadian itu bisa pulih kembali.

“Proses hukum tetap berjalan tetapi kita juga lakukan secara adat agar menetralisir situasi dan kondisi masyarakat di sana,” tambahnya.

Pada bagian akhir dia menyebutkan, Kepala Desa Babulu Selatan harus ada penjabat kepala desa, karena berkaitan dengan kegiatan pembangunan dan pengelolaan keuangan desa.
Sebab dokumen pengelolaan keuangan desa harus ketahui dan ditandatangani pejabat yang dilantik seperti kepala desa dan penjabat kepala desa. Bila kepada desa berhalangan maka minimal penjabat kepala desa. (edy sumantri)

Baca Juga :   Kabag Umum Setda Malaka dan Keluarga Lolos dari Banjir Bandang di Welaus
Loading...
Loading...
To Top