RAGAM

Peringati Bulan Bahasa Nasional, SMAK St. Petrus Ende Gelar Literasi

Wilfridus A. Lolonrian

ENDE, Kilastimor.com-SMAK ST. Petrus Ende memperingati Bulan Bahasa Nasional dengan kegiatan Literasi. Tema Besar dalam pelaksanaan Event Bulan Bahasa Nasional Tingkat SMAK ST. Petrus Ende tahun ini yakni “Bahasa Indonesia Perekat Keberagaman”. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 25 – 28 Oktober 2019, dengan melibatkan 14 peserta untuk Tingkat SMA dan 31 Peserta untuk tingkat SMP. Kepala Sekolah SMAK ST. Petrus Ende, Wilfridus A. Lolonrian, S.Ag, M. Th, mengatakan hal ini, Jumat (25/10/2019).

Lebih lanjut Wilfridus mengatakan, kegiatan Bulan Bahasa ini sudah menjadi program tetap kegiatan tahunan SMAK ST. Petrus Ende. Hal ini mau memberikan makna lebih pada Bulan Bahasa Nasional dan Hari sumpah pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober 2019.

Kegiatan Bulan Bahasa ini tambahnya, sudah dilaksanakan dua tahun berturut-turut yakni dimulai sejak Tahun 2018 lalu.
Kegiatan Bulan Bahasa Tahun 2018 yang lalu, SMAK ST. Petrus Ende menggelar kegiatan Jurnalistik Tingkat sekolah Menengah Atas yakni bagaimana memberikan peran kepada Siswa-siswi untuk menjadi wartawan lapangan, mewawancarai narasumber berita, serta menjadi penyiar di studio. Output dari kegiatan ini, membuat beberapa anak di sekolah kami pingin menjadi wartawan dan penyiar (Broadcaster).

Di tahun 2019 ini, kembali SMAK St. Petrus melaksanakan Kegiatan Bulan Bahasa dengan melakukan perlombaan cerdas cermat, lomba cipta dan baca puisi tingkat SMP dan Lomba cipta dan baca puisi tingkat SMA.

Baca Juga :   Rendahnya Kualitas Rastra, Warga Desa Eno Nabuasa mengadu ke Komisi II DPRD TTS.

“Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan di bidang pengetahuan, keterampilan di bidang Bahasa dan menciptakan Puisi,” tuturnya.

Dalam konteks ini, sergahnya, para peserta harus melihat secara jeli fenomena situasi sosial serta pesan-pesan dari fenomena sosial yang terjadi, untuk dikupas secara baik dan benar menurut kaidah tata Bahasa Indonesia.

Disisi lain yang mau dieksplor adalah segala sesuatu yang bersumber dari hal-hal yang sifatnya Batiniah. Hal yang ada ada dalam bathiniah atau jiwa itu perlu dikonsep dan dibahasakan secara baik untuk dituangkan dalam bentuk puisi.

Ketua Panitia Pelaksanaan Bulan Bahasa SMAK St. Petrus Ende Yeremias Borgias, SS, menjelaskan, kegiatan Perlombaan ini dimaksudkan agar bisa menggali potensi dan minat siswa-siswi, baik itu SMP maupun SMA dalam hal pengembangan minat bakat untuk menciptakan puisi dan membaca puisi. “Ini adalah bagian dari literasi yang mampu memberdayakan mereka menjadi siswa-siswi yang profesional dan kompeten dalam melahirkan karya-karya sastra berupa syair, puisi dan cerpen,” tutupnya. (frd)

Loading...
Loading...
To Top