EKONOMI

BI Bakal Bantu Bangun Galeri Tenun di Kota Kupang

Wali Kota dan staf pose bersama Kepala BI NTT.

KUPANG, Kilastimor.com-Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Nusa Tenggara Timur, I Nyoman Ariawan Atmaja, menyambut baik Pemerintah Kota Kupang yang akan membangun galeri tenun di Kota Kupang.

Nyoman Atmaja ketika ditemui kepada wartawan di Kupang usai menerima kunjungan Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, Senin (27/1/2020) mengatakan, pertemuan bersama dengan Wali Kota Kupang itu sebagai momen yang bagus bagi BI. Salah satu yang dibahas yakni pembangunan galeri tenun.
Karena salah satu upaya untuk pertumbuhan ekonomi yang digalakan BI yakni karya–karya kreatif dari seluruh anak bangsa.

Menurut dia, tenun NTT khususnya Kota Kupang ini tentunya menjadi karya kreatifnya Kota Kupang, sehingga akan mendapat pertumbuhan ekonomi di NTT atau di Kota Kupang khususnya.

”Kami BI menyambut baik terkait rencana dibangunnya bangunan tenun, baik dari proses produksinya maupun nanti ada galerinya. Sehingga siapa saja yang datang ke Kota Kupang ini bisa melakukan eksperian bagaimana tenun di Kota Kupang dan juga bisa belajar mengenai tenun. Jadi tentunya BI akan mensuport penuh apabila ini akan segera dibangun oleh Pemkot Kupang,” kata Nyoman.

Nyoman menambahkan, BI sudah banyak juga telah membangun galeri tenun dibeberapa daerah diantaranya, Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Atambua, Kabupaten Belu dan Maumere, Kabupaten Sikka.
Kalau konsepnya sudah cukup bagus pertengahan tahun ini sudah bisa dimulai, karena bangunan ini sederhana sebenarnya, bagaimana mencerminkan orang Kupang terkait dengan nilai-nilai kehidupan disitu.

Baca Juga :   Kapolres Belu Bertemu Deken Malaka. "Polres Persiapan Malaka Beroperasi Tahun 2020"

”Jadi tidak harus membangun bangunan yang modern. Yang kita dorong bangunan dan tempatnya itu adalah milik komunitas tenun, sehingga BI bisa berkontribusi dari sisi membangunnya”, ujarnya.

Pihaknya akan mengawal dari sisi pembangunan, tapi tentunya akan bekerjasama dengan pihak – pihak lain yang memang bisa berkontribusi, misalnya perbankan dan lain-lainnya.

Sementara itu, Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore mengatakan, Pemkot Kupang akan berkolaborasi dengan BI mengenai pengembangan industri kecil khususnya tenun.

”Kita datang ke BI untuk mencoba berkolaborasi mengenai pengembangan industri kecil khususnya tenunan. Karena itu salah satu konsep kita ajak BI untuk membantu pengembangan ekonomi kecil di Kota Kupang, yaitu tempat pencelupan tenunan. Dan, kami berharap BI bisa membantu CSR-nya mereka,” ujar Jefri.

”Kalau setuju, kita bangun gedungnya sebagai tempat pencelupan tenunan dan juga pamerannya,”, tutup Wali Kota menambahkan. (sani asa)

Loading...
Loading...
To Top