HUKUM & KRIMINAL

Ini Lima Kasat di Polres Malaka yang Dilantik. “Penegakan Hukum Harus Berkeadilan”

Kasat Polres Malaka menandatangani berita acara.

BETUN, Kilastimor.com-Kapolres Malaka, AKBP Albertus Neno melantik lima orang Kepala Satuan (Kasat) pada jajaran Polres Malaka, Rabu (8/1/2020).
Kelima Kasat yang dilantik berdasarkan Keputusan Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur ST/722/XII/tanggal 13 Desember 2019 itu yakni AKP Ngakan Putu Artha sebagai Kasat Lantas, Iptu Yusuf sebagai Kasat Reskrim, Iptu Cyrillus Manek sebagai Kasat Bimmas, Iptu Melky D. Nenobais sebagai Kasat Sabhara dan Ipda Soleman Yumexy Allen Kolloh sebagai PS Kasat Intel.
Pelantikan para kasat berlangsung di halaman Mapolsek Malaka Tengah, dan dihadiri ketua DPRD Malaka, Adrianus Bria Seran, Sekretaris Daerah Kabupaten Malaka, Donatus Bere, para Asisten Sekda, Staf Ahli, Pimpinan Perangkat Daerah, para Kapolsek dan Bintara Polres Malaka serta anggota Bhayangkari Polres Malaka. 

Kapolres Malaka, Albertus Neno dalam sambutannya mengemukakan pelantikan para Kasat di Polres Malaka merupakan salah satu bagian dari programnya sebagai Kapolres untuk melakukan penataan dan penguatan organisasi sesuai kepercayaan dari pimpinan.

Dia menambahkan, pelantikan ini juga tidak bisa dipisahkan dari unsur-unsur penting dalam teori manajemen suatu organisasi yaitu memiliki perencanaan yang matang, pengorganisasian yang baik dan efektif, pelaksanaan tugas yang lebih efektif dan pengawasan yang baik. 

“Pelantikan dalam jabatan di lingkungan Polri merupakan suatu dinamika organisasi guna meningkatkan kualitas kinerja organisasi dalam menghadapi era globalisasi dunia, perubahan-perubahan pada masa kini dan tantangan tugas yang semakin kompleks,” tandasnya.

Baca Juga :   Tidak Tertib Berlalulintas, Lima Siswa SMAN Harekakae Dibina Polisi

Khusus mengenai pelantikan hari ini, Kapolres mengatakan sebagai satu babak baru di Polres Malaka untuk memberikan sumbangsih pemikiran dan tenaga dalam rangka melakukan inovasi dan terobosan penting sehingga menunjang serta mengamankan program Pemerintah Daerah dan kebijakan-kebijakan untuk kepentingan pembangunan di daerah teristimewa untuk kesejahteraan masyarakat. 

“Kehadiran Polres Malaka merupakan tuntutan kebutuhan masyarakat untuk pendekatan pelayanan yang harus menyentuh,” ujarnya lagi. 

Pada kesempatan yang sama, dirinya menekankan sejumlah poin penting untuk dipedomani dan dilaksanakan yakni pertama, seluruh pejabat Polres Malaka agar mempelajari dan mengkaji tugas pokok fungsi dan peran untuk melaksanakannya secara maksimal dalam rangka memberikan jaminan keamanan dan ketertiban bagi masyarakat Malaka, melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat serta penegakan hukum yang berkeadilan bagi masyarakat pencari keadilan. Kedua, jajaran Polres Malaka harus menyadari sepenuhnya sebagai institusi yang baru tentu masih terdapat berbagai kekurangan sarana prasarana dan sumber daya manusia, namun tidak harus menjadi penghalang untuk melaksanakan tugas bagi kepentingan bangsa dan negara. 

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Malaka, Adrianus Bria Seran ketika dimintai komentarnya disela-sela acara pelantikan mengungkapkan proficiat dan apresiasi kepada Kapolres Malaka dan para Kasat yang dilantik.

“Momen pelantikan hari ini sebagai sebuah nilai tambah yang patut diapresiasi karena semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat mendapat keamanan dan ketertiban dalam kehidupannya,” ujar politisi Partai Golkar ini.

Baca Juga :   Beri Bantuan Pangan bagi Masyarakat, Pemda TTU Siapkan Dana Rp 9 Miliar

Adrianus juga menambahkan, DPRD Malaka bersama Pemerintah Malaka dan Polres tetap akan bersinergi untuk kegiatan pembangunan, pemerintahan dan sosial kemasyarakat yang ada di wilayah ini. (edy sumantri)

Most Popular

To Top