POLITIK

Mau Jadi Anggota PPK di Pilkada Belu, Ini Jadwal Pendaftaran dan Persyaratannya

Mikhael Nahak

ATAMBUA, Kilastimor.com-Pelaksanaan Pilkada Belu tinggal menghitung bulan. Hal membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu terus menyiapkan penyelenggara ditingkat bawah. Salah satunya yakni merekrut Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tingkat Kecamatan.

Ketua KPU Belu, Mikhael Nahak kepada media ini, Rabu (15/1/2020) mengatakan, pihaknya akan membuka pendaftaran bagi calon anggota PPK tingkat kecamatan. Pendaftaran dibuka pada 18-24 Februari mendatang.

Kepada pihak-pihak yang memiliki keseriusan katanya, bisa memanfaatkan peluang yang ada, untuk menjadi anggota PPK menghadapi Pilkada Belu 2020 ini.

Disebutkan, ada sejumlah persyaratan yang harus diperhatikan oleh para calon yang ingin mendaftar sebagai anggota PPK. Diantaranya, WNI berusia minimal 17 tahun, tidak menjadi anggota partai politik, yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah, atau sekurang-kurangnya jangka waktu lima tahun, tidak menjadi anggota partai. Disamping itu, berdomisili dalam wilayah kerja PPK, mampu secara jasmani dan rohani dan bebas dari narkoba. Berpendidikan minimal SLTA atau sederajat, tidak pernah di pidana penjara berdasarkan putusan pidana yang telah berkekuatan hukum tetap. Tidak pernah diberikan sanksi pemberhentian oleh KPU atau DKPP. Selain itu, belum pernah dua kali menjabat sebagai anggota PPK dan tidak boleh ada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu, serta tidak menjadi tim kampanye peserta pilkada.

Dari 13 persyaratan yang diberikan KPU, poin 12 tentang ikatan perkawinan. Di poin 12 berbunyi, tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu.

Baca Juga :   Besok, Jefri Riwu Kore dan Hermanus Man Mendaftar ke Nasdem. Hengky Benu Daftar Sebagai Balon Wali Kota

Untuk informasi lebih lengkap bilang dia, bisa menghubungi kecamatan masing-masing, atau menghubungi KPU Belu. (ferdy talok)

Most Popular

To Top