TIMOR

Siaga Bencana, BPBD Belu Aktifkan Dua Posko Emergensi

Balthasar Bouk

ATAMBUA, Kilastimor.com-Cuaca ekstrim yang terjadi di wilayah NTT sebagaimana prediksi BMKG Kupang, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belu siaga.
BPBD Belu yang dinahkodai Balthasar Bouk itu telah mengaktifkan Posko dan siap siaga.

Balthazar Bouk yang ditemui di ruang kerjanya Kamis (16/1/2020) mengungkapkan, cuaca ekstrim diprediksi terjadi di NTT. Atas kondisi itu, pihaknya siap siaga, jika terjadi bencana di wilayah Kabupaten Belu. “Kita lagi siaga penuh, untuk tanggap darurat bencana,” timpalnya.

Masih menurutnya, kesiapsiagaan menghadapi bencana ditandai dengan pengaktifan posko. Saat ini terdapat dua posko yang disiagakan yakni Posko BPBD dan Posko Polres Belu. “Kami aktifkan dua posko. Bilamana terjadi bencana, tim reaksi cepat di posko langsung bergerak,” ungkap mantan Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Belu itu.

Dia melanjutkan, tim reaksi cepat yang berada di posko, bakal memberi pertolongan dalam situasi emergensi, terutama kepada para korban.

Pada kesempatan itu, dia meminta para camat dan kepala desa seluruh Belu, wajib siaga bencana. Jika ada bencana di wilayah masing-masing, maka segera melaporkan kepada BPBD Belu. “Laporan lisan baik melalui SMS maupun WA segera disampaikan. Untuk urusan administrasi atau laporan tertulis menyusul. Kita utamakan penyelamatan terhadap para korban,” ungkapnya, sembari meminta warga Kabupaten Belu juga waspada, sebab setiap saat bisa terjadi bencana.

Baca Juga :   Usai Ditata Pemkab Malaka, Pantai Motadikin Ramai Pengunjung

Terkait peralatan dan bantuan emergensi, Sar Bouk menjelaskan, semua peralatan, kendaraan siap dikerahkan, termasuk stok bantuan emergensi.

Ditanyai apakah telah ada laporan bencana, sejak memasuki musim penghujan, dia mengatakan hingga kini belum ada laporan terjadi bencana darib 12 kecamatan dan 64 desa serta 12 keluarahan yang ada di Belu. (ferdy talok)

Most Popular

To Top