TIMOR

48 Rumah dan Fasum di Malaka Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Inilah rumah warga Malaka yang rusak diterjang angin.

BETUN, Kilastimor.com-Angin kencang yang melanda Kecamatan Malaka Tengah dan sekitarnya, menyebabkan puluhan rumah warga dan fasilitas umum rusak.
Kerusakan terparah terjadi di Desa Railor dan Desa Fahiluka, Kecamatan Malaka Tengah, Senin (10/2) sore.

Camat Malaka Tengah, Eduardus Bere Atok kepada wartawan ketika dimintai keterangannya di Betun membenarkan adanya bencana puting beliung.

Menurut Eduardus, dirinya sudah mendapatkan laporan dari aparatnya yakni Kepala Desa Railor, Wilfridus Seran dan Pj. Kepala Desa Fahiluka, Primus Yoseph Nahak bahwa kejadian tiba-tiba dan tidak disadari.

“Kejadiannya sangat cepat. Angin puting beliung datang dan menghantam rumah warga,” kata Camat.

Diterjang angin, rumah warga rusak parah.

Data yang berhasil dirilis, dari Desa Railor, Dusun Nuau dan Debunaruk terdapat 34 rumah warga dan Fasilitas Umum (Fasum) berupa satu unit Polindes rusak. Dari 34 unit rumah itu 21 rusak berat dan 14 rusak ringan.

Sementara di Desa Fahiluka khususnya Dusun Bolan B, terdapat 13 unit rumah rusak dengan kondisi 11 rusak berat dan 2 rusak ringan. Ditambah 2 unit WC rusak sedangkan korban binatang 2 ekor sapi mati disambar petir.

“Untuk korban jiwa akibat puting beliung tidak ada. Tapi seorang warga mengalami luka-luka akibat tertimpa kayu,” bilangnya.

Sebagai camat, dirinya sudah melaporkan kejadian ini secara lisan kepada Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran dan laporan tertulis secara terperinci akan segera disampaikan. Selanjutnya tim kabupaten segera melakukan rapat untuk menangani persoalan yang ada.

Baca Juga :   Rumah Staf Kelurahan Berdao Hangus Dilalap Api

Hingga berita ini diturunkan, Dinas Sosial Kabupaten Malaka, Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malaka, petugas Kesehatan, aparat TNI dan Polri serta elemen terkait lainnya sedang menanganinya. (*/edy sumantri)

Loading...
Loading...
To Top