TIMOR

BP4D Malaka Diminta Loloskan Hasil Musrenbangcam Malaka Tengah

BETUN, Kilastimor.com-Kecamatan Malaka Tengah menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan, di ruangan aula kantor Kecamatan Malaka Tengah, Senin (10/2/2020).

Musrenbang tersebut dipimpin langsung oleh Camat Malaka Tengah, Eduardus Bere Atok dan dihadiri oleh Anggota DPRD Malaka, Henri Melki Simu, Maria Fatima Seuk Kain, Bernedeta Luruk, Kapolsek Malaka Tengah, Iptu Sirimau, Danramil 1605-04 Betun, Kapten Inf Wagino,
Sekretaris BP4D, Martinus Bere Kesehatan, Dinas PMD, Dinas PUPR, dan dihadiri seluruh kades dan masyarakat se-Kecamatan Malaka Tengah

Camat Malaka Tengah, Eduardus Bere Atok mengatakan pada prinsipnya Musrenbangcam merupakan forum antara pemangku kepentingan dan stakeholder yang ada.
“Jadi disini kan ada kepentingan – kepentingan yang harus diakomodir seperti anggota DPRD Malaka dari segi pelaksanaan politis, terutama aspirasi masyarakat hasil reses,” imbuhnya.

Dikatakan, pada intinya musrenbangcam berusaha mengakomodir berbagai usulan yang prioritas dari tiap desa untuk dibawa ke tingkat kabupaten.

“Diharapkan supaya mengerucut perencanaan mengerucut, karena perencanaan dibuat untuk menjawab persoalan dari masyarakat. Kehadiran beberapa Stakeholder dan masyarakat bisa saling melengkapi jika ada kekurangan,” tuturnya.

Ketika ditanyai mengenai usulan dari tiap desa terkait jalan raya, bantuan rumah layak huni dan air bersih, Edo sapaan karibnya mengatakan pihaknya dari kecamatan hanya memfasilitasi. Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) harus berusaha untuk mengamodir usulan dan selanjutnya pemerintah kecamatan berusaha untuk memastikan masuk Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS).

Baca Juga :   Pelimpas di Ruas Jalan Wekfui-Wekfau Dikerjakan Asal Jadi

Pada tahun 2019 lalu, yang dipenuhi hanya drainase, kebutuhan pertanian, kesehatan yaitu penanganan stunting, pendidikan seperti pembangunan ruang belajar.

Edo berpesan kepada BP4D Malaka agar bekerja lebih profesional setiap musrenbang dan jangan hanya formalitas tahunan belaka. Musrenbang harus betul-betul merupakan ajang penyerapan aspirasi.

Terpisah Sekretaris BP4D, Martinus Bere kepada media ini mengatakan dalam Musrenbangcam ini, ada beberapa usulan sudah dicatat dan usulan yang belum diakomodir pada tahun 2019 lalu, akan diakomodir semua.

Bernedeta Luruk mewakili Anggota DPRD Malaka Dapil 1 mengatakan, usulan pada tahun ini harus diakomodir oleh dinas tekhnis. (edy sumantri)

Most Popular

To Top