POLITIK

Kehadiran ASN Malaka dalam Fit and Proper Test Gerindra Tidak Langgar Undang-Undang

Yohanes Bernando Seran

BETUN, Kilastimor.com–Kehadiran ASN bersama Bupati Malaka dalam mengikuti fit and proper test di Partai Gerindra adalah benar dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan apapun.
Pasalnya, pada saat sekarang belum ada calon bupati atau wakil bupati, walaupun tahapan pilkada oleh KPU telah dimulai.

“Jadi kehadiran ASN murni mendampingi bupati sebagai atasannya. Jadi tidak ada peraturan perundang undangan yang dilanggar,” kata Dr. Yohanes Bernando Seran, SH. MHum, Kamis ((30/1/2020) menanggapi kehadiran dirinya dan sejumlah ASN Malaka dalam fit and proper test Balon Bupati dan Wabup Malaka.

Dr. Nando mengatakan konstitusi di Indonesia tidak melarang setiap warga negara untuk berpolitik dan mengeluarkan pendapat. Termasuk ASN didalamnya.

”Bahwa netralitas ASN itu tidak benar dimaknai sebagai tidak memihak karena orang yang memiliki hak untuk memilih dan dipilih otomatis tidak netral. Dalam konteks ini, netralitas ASN adalah pengaturan yang overlapping dengan konstitusi. Dengan demikian aturan tersebut harus dikesampingkan. Dalam hal ini berlaku asas lex superior derogat legi inferiori,” ungkapnya.

Orang yang selalu menyalahkan ASN dalam hal ikut berpolitik adalah mereka yang berpikir sesat atau fallacy of rekevant. ASN harus berpolitik dalam konteks pelaksanaan pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan. (edy sumantri)

Loading...
Baca Juga :   Bupati Malaka Tinjau Bronjong Penahan Banjir dan Longsor
Loading...
To Top