POLITIK

Viva Mateke Serahkan 13.479 Syarat Dukungan ke KPU Belu. “KPU Periksa Kesesuaian Dokumen”

Petugas KPU periksa syarat dokumen dari paket Viva Mateke.

ATAMBUA, Kilastimor.com-Pasangan Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wabup Belu, dari jalur perseorangan, Vinsensius Loe-Arnaldo da Silva Tavares akhir menyerahkan syarat dukungan ke KPU Belu, Sabtu (22/2/2020), setelah Kamis lalu batal menyerahkannya.

Pantauan media ini, pasangan denhan tagline Viva Mateke yang hadir hanya dikawal tim, menyerahkan berkas syarat dukungan KTP sebanyak 13.479 dukungan.

Masih menurut pantauan media ini, pasca penerimaan syarat dukungan, petugas KPU bersama tim Viva Mateke dipantau Bawaslu Belu melakukan perhitungan berkas syarat dukungan yang dimasukan,” papar dia.

Paket Viva Mateke tengah menunggu pemeriksaan.

Balon Bupati dan Wabup Belu, Vinsen Loe-Siku Tavares sapaan karibnya keduanya kepada media ini menyatakan keyakinan bisa memenuhi ambang batas syarat dukungan, karena yang dimasukan bersih dari pendobelan dukungan. “Kami yakin bisa lolos ambang batas sebanyak 13.413,” ungkap keduanya.

Ketua Divisi Teknis KPU Belu, Yoni Aryanto Neolaka kepada media ini mengatakan, dalam verifikasi awal ini, pihaknya melihat kesesuaian berka B11-KWK dan B1 KWK. Disamping itu dilihat juga keabsahan dokumen B11 KWK.

Dari situ lanjutnya, pihaknya akan merekap syarat dukungan yang ada. Jika memenuhi syarat maka maka diterima, sebaliknya tidak lengkap maka dan berbeda akan dikembalikan untuk diperbaiki.

Ditanyai tentang persebaran dukungan, Yoni Neolaka sapaan karibnya mengatakan, untuk persebaran dukungan sesuai regulasi yang ada wajib ada di tujuh kecamatan. Sementara yang dibawa oleh paket tersebut, tersebar di 12 kecamatan dan 81 desa/kelurahan di Kabupaten Belu. Dari dokumen yang ada, secara persebaran sudah melebih, dan tinggal menunggu pemeriksaan berkas B11 KWK dan B1 KWK. (ferdy talok)

Baca Juga :   PKPU Ditetapkan, Tahapan Pilwakot Kupang Diawali dengan Sosialisasi dan Bimtek

Most Popular

To Top