TIMOR

Bupati Malaka: Manfaatkan Literasi Digital untuk Kemajuan Generasi Muda

BETUN, Kilastimor.com-Seminar Literasi Digital dengan Tema Masyarakat Cakap Leterasi Digital dibuka Sekda Malaka, Donatus Bere. 
Seminar itu hasil kerja sama dengan Kementerian Komunikasi Informatika Republik Indonesia dan Dinas Kominfo Kabupaten Malaka. Kegiatan itu digelar di SMA Negeri 1 Malaka Barat, Besikama, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis (05/3/2020).

Sekda Malaka, Donatus Bere saat membacakan sambutan tertulis Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengatakan, dunia saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam hal teknologi yang menyentuh berbagai lini kehidupan manusia.
“Jangan bermain-main dengan dunia digital dan sebagai generasi muda harus kuasai teknologi dan memanfaatkannya untuk kebaikan umat manusia,” ungkapnya.

Disebutkan, semua negara berlomba-lomba untuk memperhatikan pembangunan teknologi modern, sehingga sebagai generasi muda harus belajar dan jangan sampai jadi korban teknologi.
“Seminar yang digelar ini sangat bagus bagi generasi muda agar bisa memiliki pemahaman yang baik bagaimana memahami dan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk kebaikan bersama,” tambahnya.

Literasi digital harus jadi solusi untuk mengatasi berbagai persoalan di dunia.
”Dengan kemajuan teknologi saat ini Informasi bisa kita dapatkan dengan mudah tetapi harus dikelola dengan baik untuk kebaikan dan kemajuan dunia serta percepatan kesejahteraan umat manusia,” imbuhnya.

Dia meminta semua generasi muda untuk paham, kapan dan bagaimana memanfaatkan literasi digital untuk kemajuan dan kebaikan bersama.
“Kita harapkan melalui seminar ini bisa membuka wawasan kita tentang pemanfaatan teknologi digital termasuk aturan-aturan dan kode etik penggunaan teknologi digital,” tuntasnya.

Baca Juga :   Kadis Pertanian Sumbang Buku Karyanya di Rumah Baca Anak Bangsa Malaka

Kepala Seksi Perancangan Literasi Digital Kementrian Kominfo RI, Rangga Adinegara dalam kesempatan itu mengatakan konsep literasi digital sangat erat dengan penggunaan media digital, dalam hal ini penggunaan media internet.

Penggunaan media internet belakangan ini menjadi kebutuhan dalam setiap aktivitas yang menuntut pemerolehan informasi yang begitu cepat. Internet yang menyediakan akses informasi yang cepat dan senantiasi terperbaharui setiap saat.

Untuk itu, akses terhdap sumber daya informasi digital sangat melimpah. Setiap orang bebas memasukkan informasi di dunia maya tanpa batasan. Istilah digital native mengandung pengertian bahwa generasi muda saat ini hidup pada era digital, yakni internet menjadi bagian dari keseharian dalam hidupnya.

Pages: 1 2

Most Popular

To Top