RAGAM

Ini Penjelasan Wabup Belu Soal Pemanfaatan Anggaran Penanganan COVID-19

JT. Ose Luan

ATAMBUA, Kilastimor.com-Pemerintah Kabupaten Belu tengah mempersiapkan anggaran penanganan Corona Virus Disease (COVID-19).
Untuk penanganan COVID-19, Pemda Belu menyiapkan anggaran sekira Rp 13 miliar.

Wakil Bupati Belu, JT. Ose Luan yang dikonfirmasi media ini, Minggu (29/3/2020) terkait penyiapan anggaran tersebut mengatakan, anggaran untuk penanganan COVID-19 tengah dirasionalisasi oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Belu.
Dalam waktu dekat rasionalisi sudah selesai dan siap dimanfaatkan.

Disebutkan, untuk pemanfaatan anggaran COVID-19, Bupati Belu akan menerbitkan Peraturan Bupati tentang perubahan penjabaran APBD 2020 dan menyampaikan kepada DPRD. Namun itu hanya pemberitahuan dan tidak untuk dibahas bersama DPRD.

Disebutkan, anggaran COVID-19, nantinya dimanfaatkan untuk membiayai seluruh kegiatan terkait pencegahan dan penanganan COVID-19 serta pengadaan alat, persiapan ruang isolasi, rapid tes maupun APK bagi tenaga medis.

“Anggaran itu digunakan untuk persiapan ruang isolasi, rapid tes, APK maupun sejumlah lebutuhan lain,” paparnya.

Pada kesempatan itu, dia meminta masyarakat Kabupaten Belu untuk mengikuti semua protokol COVID-19 maupun instruksi yang disampaikan pemerintah. Diantaranya tetap jaga jarak atau social ditancing bahkan phsycal distancing, menghindari kerumunan orang selalu cuci tangan, dan tetap berada di rumah.

Diberitakan sebelumnya, Direktris RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD, Batsheba Elena Corputty mengatakan,
pihaknya telah menginventarisir kebutuhan dalam pelayanan dan penanganan COVID-19, sehingga bisa diadakan. Hasilnya, telah disampaikan kepada Dinkes Belu untuk dibahas bersama TAPBD, terkait anggaran penanganan COVID-19.

Baca Juga :   Salean, Zeyto dan Tellend Menguat Jelang Musda Golkar Kota Kupang

Adapun kebutuhan RSUD yakni penyiapan alat kesehatan, bahan medis habis pakai, kendaraan roda 4, APD, dan kebutuhan lainnya yang berkaitan dengan penanganan COVID-19. (ferdy talok)

Most Popular

To Top