TIMOR

Jajaran PUPR Malaka Pantau Tanggul yang Jebol di Motaulun

Kadis PUPR Malaka dan staf memantau tanggul yang jebol.

BETUN, Kilastimor.com-Kepala Dinas PUPR Kabupaten Malaka, Yohanes Nahak, Kamis (12/3/2020) malam memantau tanggul Benenain yang longsor.
Titik longsor terjadi di Lookmi, Desa Motaulun, Malaka Barat.

Kadis PUPR Malaka, Yohanes Nahak kepada wartawan mengatakan setelah melihat situasi di lapangan, pihaknya akan melengkapi dengan data pendukung serta perhitungan kondisi riil di lapangan untuk dilaporkan kepada Bupati, guna mendapatkan arahan lebih lanjut.

”Besok kita turun lagi ke lokasi untuk membuat dokumentasi titik-titik longsor termasuk melakukan pengukuran lokasi yang longsor,” ungkapnya.

Kabid Bina Marga, Lorens Haba kepada wartawan mengatakan sesuai pantauan di lapangan, air gerus dari bawah bronjong, sehingga tanggul amblas dan urugan ikut roboh.

“Lebih jelasnya besok baru dilakukan pemantauan secara rinci termasuk menghimpun semua data kerusakan bronjong melalui dokumentasi dan pengukuran,” bilangnya.

Pj. Kepala Desa Motaulun, Pius Kehi kepada wartawan mengatakan longsoran di titik Lookmi, Desa Motaulun semakin meluas.

”Tadi saya bersama anggota DPRD kesini, baru longsor sekitar empat meter dan malam ini kita lihat sudah bertambah kurang lebih 8 meter. Bronjongnya amblas,” tutur dia.

Sekretaris Desa Motaulun, Nikolas Berek kepada wartawan mengatakan lokasi longsor di desa Motaulun ini dikerjakan BWS NT II tahun 2010.

”Selama ini bronjongnya baik-baik saja tetapi saat ini mengalami longsor karena terjangan banjir Sungai Benenain,” ungkapnya.

Dikemukakan, sebelum bronjong Lookmi dikerjakan, jika hujan lebat, maka banjir akan merendam Desa Motaulun hingga Desa Naas, Desa Maktihan, Desa Besikama, Desa Lasaen dan Desa Umatoos. (edy sumantri)

Baca Juga :   Siapkan Lapangan Standar FIFA, SBS Yakin ETMC 2019 jadi yang Terbaik

Most Popular

To Top