RAGAM

PLBN Motaain Batasi Jam Pelayanan. “Lockdown Perbatasan RI-Timor Leste Tunggu Keputusan Pempus”

Engelberthus Klau

ATAMBUA, Kilastimor.com-Pihak Pengelola PLBN Motaain, Kabupaten Belu, mulai membatasi jam pelayanan lalulintas orang masuk keluar Timor Leste dan Indonesia.

Jika selama ini pelayanan lalulintas orang antar kedua negara dibuka sejak pukul O9:00 Wita hingga 16:00 Wita, kini mulai dikurangi jam layanannya.

Plt. Administrator PLBN Motaain, Engelberthus Klau kepada media ini, Minggu (29/3/2020) mengemukakan, terkait Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), pihaknya mulai membatasi pelayanan di PLBN.

PLBN Motaain ujarnya, sejak 23 Maret lalu, telah membatasi pelayanannya. PLBN dibuka pukul 09:00 Wita hingga pukul 11:00 Wita.

“Jam pelayanan di PLBN Motaain, berlangsung dari Jam 09:00 sampai dengan 11:00 Wita.

Pihaknya lanjutnya, telah menjalankan hal ini, dan semua lembaga terkait baik Imigrasi, Bea Cukai dan Karatina maupun TNI/Polri telah menyesuaikannya.

Dengan pembatasan ini, lanjutnya, warga yang ingin ke Timor Leste dan sebaliknya, untuk menyesuaikan dengan jam pelayanan yang ada.

Sejak Timor Leste melakukan lockdown perbatasan ujar Engel Klau sapaan karibnya, jumlah pelintas batas kedua negara berkurang. Yang ada saat ini kebanyakan warga negara Timor Leste yang masuk ke negaranya. Sedangkan warga negara Indonesia tidak diperbolehkan masuk ke Timor Leste. “Untuk WNI yang kembali dari Timor Leste, tidak begitu besar jumlahnya,” terang dia.

Menyoal penutupan pintu perbatasan per 1 April 2020, jebolan IPDN itu menjelaskan, hingga kini belum ada info resmi BNPP maupun Pemprov NTT. Sebagai administrator, pihaknya siap menjalankan setiap keputusan termasuk penutupan PLBN Motaain. “Kita tunggu keputusan Pemerintah Pusat (Pempus)

Baca Juga :   Kapolsek Harus Jaga Kamtibmas di Masing-Masing Sektor di Malaka

Sementara itu, Wakil Bupati Belu, JT. Ose Luan yang dikonfirmasi terkait penutupan perbatasan mengatakan, pihaknya tidak mengetahui hal itu, karena merupakan kewenangan pempus dan sampai saat ini belum ada petunjuk resmi dari Mendagri selaku Kepala BNPP.

Pihak PLBN Motaain juga terang dia, belum juga menginformasikan ke Pemda Belu terkait hal itu. (ferdy talok)

Most Popular

To Top