POLITIK

Verifikasi Administrasi Viva Mateke Tuntas, KPU Belu Tunda Verifikasi Faktual

Mikhael Nahak

ATAMBUA, Kilastimor.com-Ketua KPU Belu, Mikhael Nahak yang dikonfirmasi terkait verifikasi administrasi Bakal Calon (Balon) Bupati-Wabup Belu dari jalur perseorangan atau independen, Vinsensius Loe-Arnaldo da Silva Tavares (Viva Mateke) mengatakan, verifikasi administrasi telah selesai dilakukan oleh KPU Belu.
“Verifikasi administrasi sudah selesai 23 Maret lalu,” paparnya ketika dihubungi Minggu (29/3/2020).

Data verifikasi administrasi lanjutnya, sudah diserahkan kepada Bawaslu Belu juga tim Viva Mateke. “Kita sudah serahkan data verifikasi ke Bawaslu dan Tim Viva Mateke. Tinggal dilanjutkan ke Verifikasi faktual,” ungkapnya.

Dikatakan, hanya saja hasil verifikasi administrasi tidak bisa diumumkan, dan langsung terbawa ke verifikasi faktual.

Mik Nahak sapaan karibnya menambahkan, untuk verifikasi faktual, pihaknya tinggal menyerahkan data yang ke PPS. Namun karena penundaan tahapan verifikasi faktual, pihaknya belum bisa melanjutkannya.

Penundaan verifikasi faktual tambahnya, sesuai Edaran 08 dan 09 KPU RI tentang penundaan sejumlah tahapan, meliputi tahapan pelantikan PPS dan sekretariat PPK juga PPS.

Selain itu imbuhnya, tahapan yang ditunda yakni pemutakhiran data pemilih. “Kami tunda laksanakan tahapan-tahapan yang ada. Kami menanti arahan berikutnya dari KPU RI,” bilang komisioner dua periode itu.

Menyoal temuan apa dalam verifikasi admunistrasi, dia menjelaskan, nanti akan dilihat setelah verifikasi faktual. “Dalam verifikasi faktual baru kita bisa dapatkan banyak hal. Tunggu saja,” pungkas dia. (ferdy talok)

Baca Juga :   Resmi, KPU Kabupaten Kupang Tetapkan Lima Paslon

Most Popular

To Top