TIMOR

Nihil Positif Corona, Gugus Tugas COVID-19 Malaka Perketat Pemeriksaan Lalulintas Orang

BETUN, Kilastimor.com-Pemda Malaka terus berupaya meminimalisir penyebaran COVID-19 di kabupaten Malaka.
Melalui Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Malaka, sejumlah langkagmh strategis telah diambil baik anggaran maupun langkah konkrit ditengah masyarakat. Salah satu langkah konkrit adalah menempatkan posko di titik masuk orang ke Malaka maupun pos jaga disetiap perbatasan antar desa. Posko pemantauan yang terdiri dari tim gabungan Dinkes, TNI/Polri, Satpol PP dan BPBD juga Dinas Perhubungan Malaka, siaga 1×24 jam.

Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan COVID-19, drg. Paskalia Frida Fahik kepada media ini mengatakan sesuai catatan Gugus Tugas COVID-19, Kabupaten Malaka masih nihil orang yang positif terpapar corona.
Hanya saja, berdasarkan data dari 12 per Selasa (21/4/2020) Pukul 16.00 Wita menunjukan, pelaku Perjalanan tanpa gejala (PPTG) cukup tinggi mencapai 823 orang. “Ini juga berisiko,” timpalnya.

Dari total PPTG tersebut terang Kadis Kesehatan Malaka itu, semuanya menjalani isolasi mandiri. 298 orang tengah lakukan isolasi mandiri selama 14 hari, sedangkan dinyatakan selesai isolasi mandiri sebanyak 525 orang.

Dari data 12 kecamatan yang ada rincinya, jumlah PPTG paling tinggi berada di Kecamatan Malaka Tengah, yakni 247 orang. Sedang dalam solasi mandiri sebanyak 102 orang dan yang sudah selesai 145 orang. Jumlah ODP di Kecamatan Malaka Tengah tercatat 3 orang dan sudah selesai pemantauan.

Sementara di Kecamatan Wewiku, PPTG sebanyak 84 orang, dan yang sedang melakukan isolasi mandiri berjumlah 28 orang dan sudah selesai pemantauan 56 orang. Untuk ODP di kecamatan ini sebanyak 4 orang dan sudah selesai pemantauan.

Baca Juga :   Banyak Buaya, BKSDA NTT Pasang Rambu Peringatan di Malaka

Mengenai Orang Dalam Pengawasan (ODP), jelas Frida, sebanyak 12 orang. Delapan orang dinyatakan sembuh, sedangkan empat lainnya masih dalam pengawasan.

Menurut Frida Fahik, Tim Gugus Tugas siaga penuh melakukan pengawasan lalulintas orang dan kendaraan yang masuk ke Malaka. “Kita perketat betul dalam urusan dengan virus corona ini. Kita bersyukur sampai sekarang belum ada yang PDP maupun yang positif terinfeksi corona,” tuturnya. (edy sumantri)

Most Popular

To Top