TIMOR

SBS: Kepala Desa Bisa Lakukan Isolasi Mandiri di Desa

Bupati Malaka dan Forkopimda memberikan keterangan pers.

Penindakan atas pelanggaran tegasnya, bisa dituntut dengan UU Karantina dan KUHP.

Dikatakannya, salah satu point penting yang ditekankan Kapolda NTT saat para Kapolres diundang ke Kupang mengikuti Video Conference yakni penindakan bagi para pembangkang yang melawan dan tidak taat protokol pemerintah dalam pencegahan COVID-19.

“Untuk kepentingan keselamatan masyarakat banyak, maka bagi warga yang bandel dan tidak mentaati aturan akan ditindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku. Aturannya jelas. Kita bisa gunakan UU No. 6/2018 pasal 93 terkait Karantina. Kita juga bisa gunakan Pasal 212 hingga 218 KUHP untuk memproses para pelaku,” urainya.

Komandan Kodim 1605/Belu, Letkol Inf. Ari Dwi Nugroho meminta agar warga Perbatasan RI-RDTL tidak boleh melintas lewat jalur tikus, karena akan sulit terpantau soal penyebaran COVID-19 di daerah perbatasan.

Dandim meminta kesadaran bersama seluruh elemen masyarakat perbatasan untuk bersama-sama peduli mengikuti dan menjalankan protokol pemerintah agar seluruh warga terhindar dari Wabah tersebut.

Dandim Ari meminta warga perbatasan supaya sementara waktu tidak boleh keluar masuk negara tetangga, terutama melalui jalur tikus.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS Sektor Barat, Letkol Inf Wisyudha Utama melalui
Komandan Kompi Tempur (Dankipur) III Yonif 132/Bima Sakti, Lettu Inf. Teuku Rohma Donny dalam kesempatan itu menjawab pertanyaan wartawan soal pengamanan perbatasan. Disebutkan saat ini Satgas Pamtas RI -RDTL yang bertugas di Malaka, sudah ada lima pos penjagaan dan terus dioptimalkan untuk patroli di perbatasan.

Baca Juga :   Sidang MK, Orient Riwu Kore Bantah Lepas Kewarganegaraan Indonesia

” Kita yang bertugas di batas bekerjasama dengan lima desa di Kobalima Timur, untuk memantau keluar masuknya warga ke Indonesia melalui jalur tikus. Bagi TNI di perbatasN perintahnya sangat jelas. Saat ini kita perang melawan corona, sehingga semua elemen masyarakat di batas proaktif adanya akvititas illegal di perbatasan,” tukasnya. (edy sumantri)

Pages: 1 2

Most Popular

To Top