HUKUM & KRIMINAL

Tanpa Dokumen, Polsek Lamaknen Amankan Warga Timor Leste

Kapolsek Lamaknen ketika memeriksa data warga Timor Leste, Tadeo Diaz Agustinho.

ATAMBUA, Kilastimor.com-Seorang warga Timor Leste diamankan pihak Polsek Lamaknen, Kabupaten Belu, saat hendak menyeberang ke Timor Leste melalui perbatasan Dilomil.

Sesuai kronologi yang diterima media ini menyebutkan, Rabu (15/4/2020) sekira pukul 12.30 Wita, Polsek Lamaknen warga seorang warga Dusun Natardik, Desa Dato Tolu, Kecamatan Fohorem, Distrik Covalima, Timor Leste. Adalah
Tadeo Diaz Agustinho yang diamankan pihak kepolisian.

Disebutkan, Polsek Lamaknen mendapatkan informasi dari Petugas Puskesmas Dilomil terkait adanya Warga baru yang akan dilakukan pemeriksaan, sehubungan dengan Penyebaran virus corona. Sesampainya di Puskesmas Dilomil, setelah dilakukan pendataan, Tadeo mengaku sebagai warga negara Timor Leste.

Pihak Puskesmas kemudian menghubungi Polsek Lamaknen, untuk ditangani lebih lanjut.
Dalam keterangannya kepada kepolisian, Tadeo mengemukakan dirinya masuk ke wilayah Indonesia tanpa menggunakan dokumen yang sah pada Selasa (31/12/2019) melalui perbatasan Desa Lakmaras, Kecamatan, Lamaknen Selatan.
Tadeo melaporkan di Pos TNI Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ dan tercatat dalam buku register.

Setelah itu, yang bersangkutan menuju salah satu rumah keluarganya di Kotaren, Fatubenao, Kecamatan Kota Atambua, Kabupaten Belu.

Selanjutnya pada 13 April 2020, Tadeo menuju Dusun Tahon, Desa Makir, Kecamatan Lamaknen, dan menginap di rumah Hendrikus Asa yang merupakan orang tua kandungnya.

Karena tidak memiliki dokumen perjalanan, Kapolsek Lamaknen bersama personilnya membawa dan menyerahkan yang bersangkutan ke Agen Konsulat Timor Leste di Atambua

Baca Juga :   Ayo Buruan....!!! Ada Harga Promo Suzuki All New Ertiga

Kapolsek Lamaknen, IPDA Taufan Dwi Ardiansyah yang dikonfirmasi membenarkan penagamanan warga Timor Leste itu. “Ya..Rabu kemarin kita amankan satu warga Timor Leste di Dilomil, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, Provinsi NTT,” katanya.

Setelah diperiksa dan berkoordinasi dengan Imigrasi lanjutnya, Tadeo Diaz Agustinho diserahkan ke Agen Konsulat Timor Leste di Atambua.

Hingga berita ini diturunkan, Agen Konsul Timor Leste di Atambua, Paulo da Costa belum merespon konfirmasi media ini. (ferdy talok)

Most Popular

To Top