TIMOR

Bupati Belu Perintahkan Camat Data Warga Belu yang Belum Miliki Meteran Listrik

ATAMBUA, Kilastimor.com-Masih banyaknya masyarakat Kabupaten Belu yang belum menikmati listrik, mendapat perhatian dari Pemda Belu.

Untuk memastikan jumlah warga Belu yang belum terlistriki, Bupati Belu, Willybrodus Lay mengeluarkan surat pemberitahuan kepada para camat se-Kabupaten Belu untuk menyiapkan data masyarakat yang belum memiliki meteran listrik.

Dalam surat yang ditandatangani Bupati Belu, Willybrodus Lay tertanggal 15 Mei 2020 itu mengemukakan, para camat untuk segera mendata masyarakat yang belum memiliki meteran.

Hasil pendataan segera dimasukan paling lambat 29 Mei 2020 mendatang, pada Bagian Administrasi Pembangunan Setda Belu.

Bupati Belu, Willybrodus Lay yang dikonfirmasi media ini, terkait surat pemberitahuan kepada para camat se-Kabupaten Belu mengemukakan, surat tersebut bertujuan agar para camat melalui para kepala desa melakukan pendataan terhadap masyarakat yang belum memiliki meteran listrik.
Tidak saja itu katanya, pihaknya juga ingin mendapatkan data lengkap desa mana saja yang belum tersambung listrik. Data yang ada, nantinya akan disampaikan kepada PLN. “Kita ingin ada data untuk disampaikan kepada PLN bahwa inilah jumlah KK yang belum memiliki meteran listrik. Juga termasuk daerah yang belum teraliri listrik,” paparnya.
Berdasarkan data yang dihimpun nanti, selain Pemda memiliki basis data meteran listrik, juga akan disampaikan kepada PLN untuk ditindaklanjuti dengan program-program yang dimiliki PLN, salah satunya pemasangan meteran listrik gratis. “Dari data yang kita sampaikan ke PLN, diharapkan bisa ada program khusus dari PLN untuk menangani masalah itu,” timpalnya.
Dia berharap, para camat bekerjasama dengan kepala desa setempat, untuk mendata lebih detail rumah yang teraliri listrik dan belum.
Dari data itu, akan dipetakan ratio elektrifikasi yang riil di Kabupaten Belu dan bisa diambil kebijakan-kebijakan lebih lanjut, terutama oleh PLN sebagai operator listrik.
Disebutkan, pihaknya bersama PLN beberapa waktu lalu menyerahkan meteran listrik gratis di desa Silawan. Disitulah muncul ide, perlu ada data yang konprehensif terkait meteran listrik diseluruh Kabupaten Belu, terutama rumah yang belum memiliki meteran.
Terpisah, Camat Lamaknen, Hironimus Mau Luma mengatakan, pihaknya melalui pemerintah desa sedang mendata masyarakat yang belum memiliki meteran listrik, sebagaimana perintah dari Bupati Belu. dalam waktu dekat, pihaknya akan menyelesaikan pendataan, untuk selanjutnya diserahkan kepada Bagian Administrasi Pembangunan Setda Belu. “Kami lagi selesaikan semua pendataan,” tuturnya.
Pihaknya berharap, nanti akan ada tindak lanjut dari PLN dengan program-programnya, dalam membantu masyarakat memasang meteran listrik.

Baca Juga :   Ketua DPRD: Kades Harus Kerja 24 Jam

Sementara itu, Kepala Desa Asumanu, Kecamatan Raihat Kabupaten Belu, Gervasius Bau dalam akun facebooknya memposting surat pemberitahuan Bupati tersebut, dan meminta masyarakat desanya untuk segera mendaftarkan diri, dengan menyertakan KTP dan kartu keluarga.

Setelah pendaftaran, pihaknya akan melanjutkan data itu ke Kecamatan Raihat, untuk ditindaklanjuti sebagaimana Surat Pemberitahuan Bupati yang ada. (ferdy talok/advertorial kerja sama dengan dinas kominfo belu)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top