TIMOR

Bupati dan BPN Malaka Teken NPHD. SBS: Untuk Raih WTP Aset Tanah Pemda Harus Ada Sertifikat

BETUN, Kilastimor.com-Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran dan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Malaka, Ir. I Nyoman Suratmi menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD,) antara Pemkab Malaka dengan Kantor BPN Kabupaten Malaka di Kediaman Bupati SBS, Haitimuk, Malaka, Sabtu (23/05/2020)

Hibah tanah dan bangunan itu dimaksudkan untuk membangun Kantor BPN Malaka, demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Penandatanganan NPHD itu disaksikan Ketua DPRD Kabupaten Malaka, Adrianus Bria Seran,SH , Sekda Malaka, Donatus Bere dan Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Malaka.

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran dalam kesempatan itu mengatakan penyerahan hibah tanah oleh Pemda kepada kantor vertikal untuk pembangunan kantor guna melayani rakyat Malaka.

”Kita minta segera terbitkan sertifikat untuk tanah itu dan bangun kantor vertikal yang bagus untuk layani rakyat. Pembangunan kantor vertikal itu harus standard supaya menjadi contoh di Malaka”

”Kita juga meminta supaya tanah-tanah rakyat diterbitkan sertifikatnya untuk mengeliminir konflik sosial ditengah masyarakat. Malaka termasuk kabupaten baru sehingga penataan seperti ini sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Untuk Kabupaten Malaka salah satu persyaratan untuk meraih WTP adalah masalah aset yang harus dibuktikan dengan sertifikat. Setiap tahun diagendakan untuk penerbitan sertifikat tanah milik pemerintah.

”Sekolah, gedung pemerintah dan kantor desa harus disertifikat sehingga tidak ada benturan dengan rakyat,” tambahnya.

Disebutkan, pekerjaan rumah untuk Sekda agar disiapkan lahan untuk pembangunan kantor Kodim, kejaksaan, pengadilan dan LP.

Baca Juga :   Warcaf Atambua Sediakan Makanan dan Minuman Bercita Rasa Tinggi

”Sementara untuk Polres Malaka dibangun di lokasi tanah Polsek Malaka Tengah saat ini dan sebagai gantinya, Pemkab Malaka akan sediakan tanah dan bangunan Polsek Malaka Tengah di Aintasi,” ungkapnya.

Terkait hal itu, Pemerintah sudah ada pembicaraan dengan Kapolres Malaka dan Pemda Malaka siapkan tanah sekaligus membangun kantor Polsek Malaka di Aintasi dan Polres terima kunci.

Ketua DPRD Kabupaten Malaka, Adrianus Bria Seran, SH dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada Bupati Malaka yang menyerahkan aset tanah untuk pembangunan kantor Pertanahan Kabupaten Malaka, guna meningkatkan pelayanan kepada masyarayat.
“Kita berharap tanah-tanah milik pemerintah disertifikat supaya tidak bermasalah dibelakang hari sekaligus untuk penataan aset di Malaka,” timpalnya.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Malaka, Ir. I. Nyoman Suratmi dalam kesempatan yang sama menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Malaka yang memiliki perhatian besar dan menyerahkan tanah untuk pembangunan kantor Pertanahan yang baru.

”Hari ini merupakan peristiwa yang sangat bersejarah, karena melalui penyerahan hibah tanah ini sudah bisa dibangun kantor Pertanahan di Malaka,” imbuhnya sembari menambahkan, tahun depan sudah bisa membangun Kantor Pertanahan yang baru di Malaka.

Masih menurutnya, hari ini juga diserahkan 20 dari 23 Sertifikat bidang aset tanah milik pemerintah. Tiga sertifikat dalam proses.

”Dalam tahun ini, kita target selesaikan dan tindaklanjuti 220 sertifikat tanah milik pemda dan pada akhir tahun 2020 bisa selesai untuk selanjutnya diserahkan kepada pemerintah,” tuntasnya. (ferdy talok)

Baca Juga :   Dusun Baumuti Mandeu yang Terisolir, Kini Mulai Terbuka
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top