TIMOR

Dinas PUPR Malaka Perbaiki Dua Titik Tanggul yang Jebol di Kali Motadelek

BETUN, Kikastimor.com-Pemerintah Kabupaten Malaka langsung bergerak pasca banjir yang menerjang beberapa wilayah di Malaka Barat.
Dinas PUPR mulai menangani penyebab banjir dari Kali Motadelek di Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran(SBS) mengatakan hal itu ketika dikonfirmasi wartawan Minggu (24/5/2020) malam lalu.

Bupati SBS mengatakan untuk mengatasi penyebab banjir Pemerintah melalui Dinas Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Malaka sudah memperbaikan tanggul yang jebol di Kali Motadelek.

”Hari Sabtu kemarin, titik tanggul yang jebol di desa Halibasar – Kecamatan Wewiku sudah selesai dikerjakan. Saat ini dinas PUPR lanjutkan pengerjaannya pada titik jebol di Rabasa Wemean, Kecamatan Malaka Barat,” urainya.

Bupati Malaka berdiskusi dengan jajaran Dinas PUPR.

Kepala Dinanas PUPR Kabupaten Malaka, Yohanes Nahak mengatakan sesuai arahan Bupati Malaka, pihaknya sudah mengerjakan penutupan tanggul jebol di titik Halibasar.

”Hari Senin (25/5/2020) kita lanjutkan pekerjaan di titik Rabasa Wemean, Kecamatan Malaka Barat Kabupaten Malaka,” bilangnya.

Sementara Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daera (BPBD) Kabupaten Malaka, Gabriel Seran mengatakan, intervensi BPBD dalam Penanganan Penyebab dan efek banjir Kali Motadelek di Desa Rabasa, Kecamatan Malaka Barat dan desa Halibasar di Kecamatan Wewiku yaitu menetapkan status bencana sebagai dasar untuk pelaksanaan kegiatan fisik dilapangan dan penanganan efek banjir.

”BPBD sudah berkoordinasi dengan dinas terknis terkait untuk melakukan pendataan terhadap rumah dan lahan pertanian yang terendam air termasuk kerugian yang diakibatkan banjir itu,” bilangnya.

Baca Juga :   Masyarakat Malaka Diminta Waspadai Human Trafficking

Untuk penanganan air bersih sudah didistribusikan kepada masyarakat terdampak yang dilakukan Dinas PUPR dan termasuk mobil tengki dari kecamatan.

Dibidang kesehatan katanya, sudah berkoordinasi dengan Dinas kesehatan Kabupaten Malaka untuk melakukan penanganan sesuai kewenangan yang dimiliki. Dinas Kesehatan sudah menyiagakan Puskesmas terdekat untuk melakukan penanganan dan pelayanan bagi warga yang terdampak banjir. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top