TIMOR

Diskominfo Lanjutkan Pendataan Media yang Beroperasi di Malaka. Kapolres: Media Harus Legal

Brinsyna Elfrida Klau

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Dinas Kominfo segera melakukan pendataan lanjutan terhadap media cetak, elektronik dan media online yang beroperasi di Kabupaten Malaka.

Pendataan dimaksudkan agar semua media yang beroperasi di Wilayah Kabupaten Malaka terdaftar di Kominfo Malaka. Karena itu media melaporkan keberadaannya maupun legalitas medianya, bisa dilaporkan ke Dinas Kominfo Malaka.

“Pendataan media itu dimaksudkan untuk memudahkan koordinasi dan pelayanan terkait pemberitaan termasuk pembinaan Pers di Kabupaten Malaka,” katanya.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Malaka, Brinsyna Elfrida Klau mengatakan hal itu kepada wartawan disela rapat evaluasi Penangangan COVID-19 di Kediaman Bupati Malaka, Haitimuk, Malaka, Sabtu (2/5/2020).

Kadis Elfrida mengatakan pendataan media itu perlu dilakukan dalam rangka pelayanan informasi kepada pers yang beroperasi di Kabupaten Malaka .

“Sesuai pantauan kita di lapangan hingga saat ini media yang beroperasi di Malaka sebanyak 25 media dan media yang sudah melaporkan diri sebanyak 16 media dan sembilan media lainnya belum melaporkan diri dan tidak tercatat di Kominfo Malaka,” katanya.

Dia menghimbau kepada pemilik atau perusahaan media agar segera melaporkan medianya agar dicatat sehingga memudahkan untuk koordinasi terkait keberadaannya di Kabupaten Malaka.

“Dalam laporan di Kominfo diharapkan melampirkan dokumen yang berkaitan dengan legalitas media yang bersangkutan, surat
penugasan kepada wartawan dari Redaksi dan alamat kantor atau kantor perwakilan di Malaka,” timpalnya.

Baca Juga :   Banyak Buaya, Warga Kobalima Diminta Waspada

Kapolres Malaka, AKBP Albertus Neno kepada wartawan menyambut baik rencana pendataan dan penertiban media yang beroperasi di Kabupaten Malaka.

“Bagi kami di Polres, kehadiran media sebagai mitra kerja dan sangat membantu Polres dalam menyebarkan informasi yang cepat dan akurat kepada masyarakat,” imbuhnya.

Pihaknya sudah berkunjung ke Kominfo Malaka untuk berkoordinasi dan meminta data media yang beroperasi di Malaka. Namun belum semua media melaporkan diri di Kominfo.

“Kami dari Institusi kepolisian juga akan meminta supaya media yang membutuhkan pelayanan informasi di Mapolres Malaka harus bisa menunjukkan legalitasnya agar bisa dilayani dalam aspek informasi,” sergahnya.

Terkait pembinaan media dia berharap Dinas Kominfo perlu berkoordinasi dengan Kementerian Kominfo dan Kementrian Hukum dan HAM serta organisasi Pers dimana media/wartawannya bernaung, agar media yang beroperasi di Malaka benar-benar legal sehingga bisa mengakses semua informasi untuk pemberitaan dari berbagai stakeholder yang ada. (edy sumantri)

Most Popular

To Top