TIMOR

Dua OTG di RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD Atambua Merupakan Klaster Gowa

Christoforus M. Loe Mau

ATAMBUA, Kilastimor.com-Dua warga Kabupaten Belu yang terkategori sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG) tengah menjalani isolasi di RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD, Atambua. Dua warga tersebut sebelumnya melakukan perjalanan yang berisiko.

Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Belu, Christoforus M. Loe Mau yang dikonfirmasi media ini, Selasa (5/5/2020) membenarkan adanya dua OTG yang sedang diisolasi di RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD.

Dua OTG paparnya, merupakan pelaku.
perjalanan berisiko dimana mereka masuk klaster Gowa. “Kedua OTG itu diisolasi karena satu rombongan dengan sembilan orang yang telah dinyatakan positif COVID-19 di Kupang maupun Manggarai Barat,” ungkapnya.

Untuk memastikan kondisi keduanya, pihak Rumah Sakit telah melakukan rapid test juga mengambil sampel dahak untuk tes swab. “Hal ini untuk memastikan kedua OTG positif COVID-19 atau tidak. Sampel yang ada akan dikirim ke Kupang dan diterukan ke Jakarta,” ungkapnya.

Diuraikan, kedua OTG klaster Gowa sebenarnya sudah melewati masa karantina selama 14 hari sepulangnya dari Gowa.
“Namun karena sejumlah rekan mereka dinyatakan positif diberbagai daerah, keduanya secara sukarela datang ke RS untuk diperiksa,” bilangnya.

Untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran lebih luas, Bupati Belu, Willybrodus Lay selaku Ketua Gugus Tugas meminta untuk diisolasi di RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD, sambil menunggu hasil tes swab. “Sebenarnya mereka (dua OTG) bisa dipulangkan karena sudah isolasi mandiri 14 hari, dan kini sudah melewati masa inkubasi. Namun Bupati meminta untuk diisolasi di RSUD, hingga hasil tes swab ada. Ini bagian dari pencegahan,” katanya.

Baca Juga :   Sekda Malaka: Tudingan ARAKSI Hoax

Pada kesempatan itu, dia meminta masyarakat Kabupaten Belu tetap tenang dan jangan panik dengan situasi ini. “Masyarakat tidak perlu panik dan jangan terprovokasi dengan informasi yang bukan datang dari pemerintah,” tandasnya. (ferdy talok)

Most Popular

To Top