TIMOR

Terima Bantuan Presiden, Wali Kota Jamin Tepat Sasaran

KUPANG, Kilastimor.com-Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM., MH, Senin (18/5) hari ini mengikuti acara serah terima 5.000 Paket Bantuan Presiden RI dari Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kantor Wilayah NTT, Taufan Akib di Gudang Bulog Kelurahan Alak.
Adapun paket bantuan itu terdiri atas 10 kilo beras, 1 kilo gula, 1 liter minyak goreng dan 1 kotak daun teh.

Serah terima Paket Bantuan Presiden RI tersebut dituangkan dalam Berita Acara Serah Terima antara Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil NTT selaku pihak pertama, kepada Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, M.M., M.H. selaku pihak kedua.

Acara serah terima ini merupakan tindak lanjut dari penyerahan simbolis yang dilaksanakan pada Jumat (15/5/2020) lalu di ruang kerja Wali Kota Kupang.

Wali Kota, Jefri Riwu Kore menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Perum Bulog Kantor Wilayah NTT yang telah berkenan menyalurkan bantuan sembako ini bagi warga Kota Kupang.

Dia berjanji Pemkot akan sesegera mungkin menyalurkan bantuan tersebut kepada warga yang telah didata oleh pihak Kelurahan bekerjasama dengan RT dan RW masing-masing.

Menurut dia, proses penyaluran bantuan 5.000 paket ini tentunya akan mengikuti petunjuk pemerintah pusat. Pemerintah Kota Kupang akan menyalurkan bantuan ini kepada masyarakat kurang mampu yang terdampak COVID-19 terutama mereka yang tidak masuk dalam daftar penerima manfaat baik dari pemerintah pusat maupun Pemkot Kupang.

Baca Juga :   Polsek Malaka Tengah Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Wali Kota berencana meminta para lurah untuk mengumumkan nama penerima bantuan tersebut di papan pengumuman Kelurahan masing-masing guna memudahkan pengontrolan. “Kami akan pastikan tidak ada pendobelan dan bantuan diserahkan tepat sasaran, penyaluran akan dikontrol ketat, untuk itu saya akan perintahkan para lurah untuk mengumumkan daftar penerima bantuan di papan pengumuman kelurahan masing-masing guna transparansi serta memudahkan proses verifikasi,” tegasnya.

Politisi Demokrat itu mengatakan, Pemkot sudah menyiapkan skenario untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak COVID-19 secara sosial dan ekonomi melalui skema penyaluran bantuan baik yang berasal dari pemerintah pusat, provinsi maupun Pemkot.

Wali Kota berjanji semua masyarakat akan mendapatkan bantuan. Oleh karena itu dibutuhkan partisipasi masyarakat sendiri untuk melaporkan kepada RT, RW maupun Kelurahan. Juga dibutuhkan kerjasama pihak kelurahan dengan LPM, RW dan RT masing-masing, sehingga tidak ada masyarakat terdampak secara ekonomi yang terlewatkan dalam mendapatkan bantuan pemerintah.

Dalam kesempatan sama, Taufan Akib mengatakan pihaknya telah mengatur sehingga paket bantuan Presiden RI dan siap didistribusikan ke Dinas Sosial yang akan meneruskan kepada masyarakat melalui Kelurahan.

Masing-masing paket dikemas dalam tas bernuansa merah putih bertuliskan Bantuan Presiden Republik Indonesia. (sani asa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top