TIMOR

22 KK di Desa Asumanu Dimasukan Sebagai Penerima JPS Kabupaten Belu

ATAMBUA, Kilastimor.com-Dalam rangka menanggulangi serta membantu masyarakat yang terdampak Pandemi COVID-19 di Desa Asumanu, Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu, Bupati Belu, Willybrodus Lay menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa.
Untuk diketahui, jumlah Kepala Keluarga (KK) penerima Manfaat BLT DD di Desa Asumanu sebanyak 235 KK dengan total anggaran Rp. 432.000.000.
Hadir pada kesempatan penyerahan BLT-DD diantaranya, Kadis DPMD, Januaria Nona Alo, Kasat Pol. PP Aloysius Fahik, Camat Raihat, Arter Rin Malae dan unsur tripika, Kepala Bulog Atambua serta Perwakilan Bank NTT Cabang Atambua.

Bupati Belu, Willybrodus Lay dalam sambutannya mengatakan, pihaknya menyampaikan apreasi yang tinggi kepada Kepala Desa Asumanu.
“Kepala Desa Asumanu ini luar biasa, dia telah memanfaatkan dengan benar papan informasi desa dengan menempel nama-nama penerima manfaat BLT DD,” katanya.

Mengapa harus ditempel? Ini sebagai bentuk transparansi, agar masyarakat itu sendiri bisa mengoreksi dan mengawasi secara langsung, apabila terjadi pendobelan atau nama penerima.
“Jika terjadi pendobelan dan atau belum terdata maka hal ini bisa disampaikan kepada camat atau kepala desa agar bisa didata lagi sehingga bisa tercover namanya dalam data Jaring Pengaman Sosial (JPS),” katanya.

Willy Lay sapaan akrab juga menyampaikan kehadirannya di desa Asumanu dalam kegiatan Pembagian BLT-DD untuk memastikan, memantau, memotivasi dan memberikan arahan kepada Kepada Desa dan aparat untuk bekerja secara terbuka dan teliti, guna memperbaiki data pada kegiatan lainnya. “Jangan sampai ada pendobelan nama atau ada KK yang belum didata. 22 KK yang belum mendapat sentuhan bantuan akan kita data untuk dapatkan JPS. Saya juga terus berupaya memotivasi pemerintah desa agar memperbaiki datanya sehingga bisa dijadikan dasar pelaporan dan disesuaikan dengan data yang ada di Dinas Sosial dan atau BPS Kabupaten Belu,” bilangnya.

Baca Juga :   Bawaslu Belu Nyatakan Kampanye Sahabat di Halilulik Tidak Ada Konvoi

Diakhir sambutan, Bupati Belu mengharapkan agar 235 KK penerima manfaat BLT-DD harus menggunakan uangnya secara baik. “Uang ini harus dipakai untuk membeli kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, terigu dan kebutuhan lainnya. Saya akan terus mendorong masyarakat untuk tetap bekerja sehingga ketahanan pangan di desa dapat terjaga. Ayo bapak/ibu sekalian terus dan teruslah menanam, karena di wilayah Desa Asumanu ini airnya melimpah termasuk irigasi Maubusa,” pungkasnya.

Kepala Desa Asumanu, Gervasius Bau menyebutkan, total KK seluruh Desa Asumanu berjumlah 513 KK. Namun jumlah penerima manfaat BLT DD hanya sebanyak 235 KK. KK lainnya sebagai penerima PKH sebanyak 111 KK, Penerima BST 65 KK dan penerima BMP BPNT sebanyak 72 KK.
Selanjutnya Gervas sapaan Akrab Kades Asumanu meminta kepada Bupati Belu agar sebanyak 22 KK yang belum menerima bantuan apapun, bisa didata untuk mendapat bantuan Jaring Pengaman Sosial ( JPS) Kabupaten Belu.

Sementara itu, Kepala Bulog Atambua, Eko Hemdrowanto lebih menekankan kepada manfaat dan penggunaan dana yang diterima agar bisa dimanfaatkan secara baik. “Kami akan terus aktif untuk membantu masyarakat. Dalam kegiatan ini, Bulog membawa produk-produk berupa beras yang berkualitas dengan harga terjangkau yaitu sebesar 9000/kg. Kami juga membawa Gula, terigu, minyak goreng dan kebutuhan lainnya. Jika masyarakat ingin membeli dapat dilayani,” sebutnya.

Baca Juga :   Kepala BKD Siap Eksekusi, Bupati Kupang Pilih Ampuni Tiga Pimpinan OPD

Perwakilan Bank NTT Cabang Atambua menyampaikan, dengan adanya BLT diharapkan semua masyarakat penerima bisa terbantu.
Gunakan uang sesuai kebutuhan pokok dalam keluarga untuk membeli beras, gula, kopi, minyak goreng dan lainnya. “Kami juga berharap agar masyarakat penerima manfaat dapat menabung sedikit uang di Bank NTT untuk persiapan pendidikan anak dan kebutuhan lain,” katanya. (engel talok/advertorial kerja sama dengan kominfo belu)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top