NASIONAL

Indonesia Dukung Penuh Timor Leste jadi Anggota ASEAN

Retno Marsudi

JAKARTA, Kilastimor.com-Upaya Timor Leste menjadi anggota ASEAN didukung penuh Indonesia. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengungkapkan hal tersebut saat mengikuti pertemuan virtual Dewan Koordinasi ASEAN (ACC) dari Jakarta, Rabu (24/6), sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia.

“Indonesia mendukung penuh aplikasi Timor Leste sebagai negara anggota ASEAN,” kata Retno, disitat dari Antara.

Retno menjelaskan Timor Leste akan dikunjungi tiga tim pencari fakta yang menilai kesiapan menjadi anggota ASEAN. Ketiga tim tersebut masing-masing menilai pilar politik-keamanan, ekonomi, dan sosial budaya.

Tim pencari fakta politik, keamanan yang dipimpin Sekretaris Tetap Kementerian Luar Negeri Thailand telah berkunjung ke Dili pada 3-6 September 2019. Tim pencari fakta ekonomi dan sosial budaya disebut akan melakukan misinya pada tahun ini.

“Indonesia berharap proses ini dapat segera selesai dan Timor Leste dapat bergabung sebagai anggota ASEAN dalam waktu yang tidak terlalu lama,” ucap Retno.

Timor Leste secara resmi merdeka dari Indonesia pada 20 Mei 2002. Saat masih bergabung dengan Indonesia, wilayah itu dinamakan provinsi Timor Timur. (*/ferdy talok)

Baca Juga :   Banjir Rob Landa Pantai Motadikin
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top