TIMOR

Jumat Besok, Pemda Belu Mulai Cairkan JPS

Marsel Mau Meta

ATAMBUA, Kilastimor.com-Pemerintah Kabupaten Belu terhitung Jumat (26/6/2020) besok, mulai membagikan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) kepada masyarakat penerima manfaat di sejumlah kelurahan di Kecamatan Atambua Barat dan Atambua Selatan.

“Mulai Jumat besok, JPS dicairkan untuk penerima di kelurahan-kelurahan. Ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan publik atas JPS yang ditetapkan,” bilang Plh. Sekda Belu, Marsel Mau Meta ketika dihubungi media ini, Kamis (25/6/2020).

Dikatakan, untuk tahap pertama, Pemda akan membagikan JPS di lima kelurahan yang telah siap datanya.
Lima kelurahan itu antara lain, Kelurahan Umanen, Berdao, Manuaman, Kelurahan Beirafu dan Kelurahan Rinbesi.

“Jumat nanti dibagikan di Kelurahan Umanen, Berdao dan Kelurahan Manuaman. Sedangkan hari Sabtu nanti, dibagikan kepada penerima manfaat di Beirafu dan Rinbesi,” paparnya.

Setelah lima kelurahan tersebut lanjutnya, akan dibagikan lagi kepada penerima di tujuh kelurahan lainnya yang tengah diselesaikan data-datanya.

Karena itu, dia meminta camat dan lurah untuk proaktif melakukan validasi lanjutan atas data penerima yang ada.
Hal ini untuk menghindari adanya pendobelan nama penerima JPS dengan jenis bantuan lain seperti PKH, BNPT dan BST.

“Camat dan lurah harus proaktif bersama Dinsos dan BP4D Belu untuk lakukan verifikasi data-data penerima, agar tidak tumpang tindih,” tukasnya.

Dikatakan, untuk jumlah penerima manfaat JPS pada lima kelurahan yang siap dibagikan, dirinya kurang menghafalnya. Namun nilai total JPS untuk lima kelurahan itu sebesar Rp 2,8 miliar.

Baca Juga :   Yus Nahak: Pengolahan Lahan Petani Gratis

Dia berharap, masyarakat penerima manfaat, menggunakan bantuan JPS yang ada untuk memenuhi kebutuhan pokok ditengah pandemi COVID-19. “Bantuan JPS merupakan bentuk kepedulian Pemda Belu untuk meringankan beban masyarakat, akibat pandemi COVID-19. Jadi gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup,” tutup Kepala PKAD Belu itu. (ferdy talok)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top