TIMOR

Kegiatan Sosial Kemasyarakatan di Malaka Bakal Dibuka 15 Juli Nanti

BETUN, Kilastimor.com-Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran (SBS) memimpin Rapat Rencana Pembukaan Kembali Kegiatan Sosial Kemasyarakatan Berupa Acara Adat dan Pesta Nikah di Kabupaten Malaka.

“Pandemi COVID-19 ini, telah membawa kita kepada sebuah tatanan kehidupan baru atau New Normal.
Melihat dari situasi ini, maka kita dapat mengambil sebuah langkah bahwa kegiatan sosial kemasyarakatan yang berupa upacara adat dan pesta pernikahan dipandang perlu diambil satu kebijakan untuk dibuka kembali bagi masyarakat, setelah diberlakukan lebih dahulu untuk kantor-kantor dan rumah ibadah pasca penerapan New Normal,” bilang Bupati Malaka Stefanus Bria Seran,(SBS) di aula Kantor Bupati Malaka, Jumat (26/6/2020).

Bupati SBS mengatakan, rapat hari ini untuk merencanakan pembukaan kembali Kegiatan sosial kemasyarakatan, sehingga mulai terhitung hari ini sampai dengan 9 Juli nanti, melalui setiap camat untuk dapat mensosialisasikan kepada setiap desa yang dipimpin, 10 juli nanti rapat evaluasi lagi, untuk melihat hasil sosialisasinya dan guna menetapkan kapan akan buka lagi. Jika tak berhalangan 15 Juli sudah bisa diterapkan.

“Kebijakan ini kita ambil karena daerah kita zona hijau. Kantor dan rumah ibadah sudah kita buka, maka rapat hari ini kita rencanakan untuk membuka lagi aktivitas sosial kemasyarakatan seperti acara-acara adat dan acara pernikahan, tetapi kita belum memberlakukan untuk kegiatan seperti pesta kenduri,” ujar master jebolan Boston University Amerika itu.

Baca Juga :   Jalan Menuju Translok Uluk Klubuk, Malaka Ditingkatkan

Bupati SBS juga menegaskan, walau dibuka, kegiatan sosial kemasyarakatan tersebut, harus dan wajib menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, atur jarak baik di tenda maupun ruangan. “Tetap menyadiakan handsanitiser sebagai pengganti cuci tangan, dan penyemprotan disinfektan sebelum dan sesudah acara,” ungkapnya.

Bupati SBS juga berharap untuk keluarga yang ingin membuat acara harus berkoordinasi dengan pihak desa, kecamatan, Polsek, dan kepala puskesmas yang ada di wilayah setempat.

Kapolres Malaka AKBP Albert Neno, dalam rapat tersebut menjelaskan untuk pihaknya akan mengawal seluruh kegiatan sosial kemasyarakatan. Misalnya nikah, pihaknya akan mengawal rentetan kegiatan mulai dari proses masuk minta sampai resepsi pernikahan, sehingga betul-betul terawasi.

Kapolres Albert juga berharap untuk keluarga yang ingin membuat acara tersebut setelah melalui koordinasi dari desa sampai pada kecamatan, harus ke kepolisian, untuk mendapatkan surat ijin keramaian. j
“Jadi kalau mau buat acara harus ada surat izin keramaian, jelas Kapolres Malaka,” timpalnya.

Dandim 1605/Belu, Letkol Inf Ari Dwi Nugroho mengatakan, pihaknya siap mem-back up Pemerintah Daerah dan pihak Polres Malaka untuk mengawasi pembukaan kembali kegiatan sosial kemasyarakatan.

Hal, senada dikatakan Komandan Batalyon Inf Raider Khusus 744/SYB Letkol Inf. Alfat Deny Andrian. Dia mengatakan pihaknya siap menurunkan personil jika dibutukan oleh Pemda dan Polres Malaka guna memberi kanyamanan kepada masyarakat. (edy sumantri)

Baca Juga :   Fraksi di DPRD Belu Terima Ranperda Perubahan APBD 2019 dan Ucapkan Salam Perpisahan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top