TIMOR

Pemda Belu Siapkan Rp 25 Miliar untuk JPS. “Masih Verifikasi Data”

Marsel Mau Meta

ATAMBUA, Kilastimor.com-Bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang disiapkan Pemda Belu hingga kini belum disalurkan.
Selain karena pendataan masih dalam proses verifikasi, juga karena masih menunggu pembayaran bantuan lainnya tuntas.

Plh. Sekda Belu, Marsel Mau Meta yang dikonfirmasi media ini, Kamis (4/6/2020) menjelaskan, JPS untuk masyarakat Kabupaten Belu sedang disiapkan untuk direalisir. “Saat ini sedang verifikasi penerima JPS oleh PB4D Belu,” bilangnya.

Marsel Mau Meta yang juga Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Belu menjelaskan, pendataan telah selesai oleh pihak kelurahan dan tengah diverifikasi.

Data penerima dari lima kelurahan telah tuntas verifikasi oleh tim dan bakal tuntas dalam waktu yang tidak lama lagi. “Data lima kelurahan sudah klir dan menunggu kelurahan lain. Saya lupa kelurahan mana saja,” bilangnya.

Selain pendataan urainya, belum disalurkannya JPS kepada penerima karena takutkan terjadi tumpang tindih atau pendobelan data penerima. “Kita akan salurkan JPS setelah bantuan lain didistribusikan kepada masyarakat. Hal ini kita lakukan supaya tidak tumpang tindih,” sebutnya.

Dana JPS yang bersumber dari APBD II Belu terangnya, untuk mengcover warga di kelurahan dan desa yang tidak terakomodir dalam BLT-DD, BST maupun bantuan lainnya.

Masih menurutnya, sambil menunggu pembayaran bantuan lain tuntas, pihaknya melakukan proses validasi data. Jika telah tuntas pembayaran, maka akan dilakukan pembayaran JPS kepada penerima.

Baca Juga :   Inilah Nama 21 Pejabat Eselon II di Malaka yang Dilantik

Masih menurutnya, dana untuk JPS yang disiapkan Pemda Belu sebesar Rp 25 miliar. Dana ini untuk mengcover masyarakat yang tidak menerima bantuan lain sebelumnya.

Kriteria penerima JPS sesuai Permendes PDT No 1361/PRI.00/IV/2020 tertanggal 14 april 2020 tentang keluarga miskin.

Pada bagian akhir, dia berharap, masyarakat tidak panik, karena tidak mendapatkan bantuan dampak COVID-19.
JPS yang disiapkan untuk mengakomodir warga terdampak lainnya di Kabupaten Belu. (ferdy talok)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top