TIMOR

Hadiri Rembug Desa di Raihat, Bupati Belu Tegaskan Pengobatan Gratis Hanya dengan BPJS

ATAMBUA, Kilastimor.com-Dalam rangka sinkronisasi Pembangunan Daerah Perbatasan, Pemerintah Kecamatan Raihat menginisiasi pelaksanakan kegiatan penyegaran Tupoksi Kepala Desa dan Perangkat Desa Perbatasan dalam Mendukung Pembangunan Perbatasan.
Kegiatan itu bertemakan Rembug Desa se-Kecamatan Raihat, berlangsung di Taman Kehati Webot, Haekesak, Desa Tohe, Kecamatan Raihat, Kamis (9/7/2020).

Rembug desa bermartabat ini dihadiri oleh Bupati Belu, Willybrodus Lay, Wakil Bupati Belu, JT. Ose Luan, Kadis PUPR, Vincent K. Laka, Kadis Pertanian, Gerardus Mbulu, Kaban Kesbangpol, Marius Loe, Camat Raihat, Arther Rinmalae, juga enam Kepala Desa se-Kecamatan Raihat, tokoh adat dan aparat desa serta masyarakat Tohe Sekira 200 orang.

Camat Raihat, Arther H. Rinmalae, SP dalam sapaan awal menyampaikan bahwa dalam wilayah Kecamatan Raihat terdapat 6 Desa yang memiliki Topografi dan Sumber Daya Alam yang berbeda.
Oleh karena Perbedaan ini, pihaknya berinisiasi mensinkronkan segala perencanakan dalam RPJMDesa dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Belu.

RPJMDesa yang dirancang dan dibuat oleh Pemerintah Desa bilangnya, harus sesuai dengan Visi-Misi Desa dan haruslah disesuaikan dengan Visi Misi Pemerintahan saat ini. Hal ini sebagai wujud nyata kesiapan sumber daya manusia Raihat dalam mendukung kegiatan pembangunan di Desa secara khusus dan Kabupaten Belu secara Umum.

Lanjutnya, kegiatan hari ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas perangkat desa, baik perangkat teknis maupun kewilayahan demi menunjang perencanaan, pelaksanaan pembangunan di wilayah perbatasan khususnya wilayah perbatasan kecamatan raihat.

Baca Juga :   Senin Depan, Semua SMA di Malaka Mulai Bersekolah

Selain itu, melalui kegiatan ini akan terbangun dan terbentuk sinkronisasi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan pemerintah desa. “Dengan demikian akan terwujud efisiensi dan efektifitas pembangunan alias perencanaan pembangunan tepat pada sasaran,” ungkapnya.

Pihaknya dalam kegiatan ini, juga menyasar lembaga kemasyarakatan desa seperti RW dan para ketua RT sebagai mitra pemerintah desa yang perlu ditingkatkan kapasitasnya.

Pada bagian akhirnya, Camat Raihat menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Belu yang berkesempatan hadir pada kegiatan ini walau banyak agenda serta kegiatan lainnya yang harus dilaksanakan.

Bupati Belu, Willybrodus Lay dalam sambutannya mengapresiasi camat Raihat, enam Kepala Desa, tokoh adat, tokoh masyarakat, aparatur desa serta semua pihak yang hadir, karena telah merencanakan kegiatan bermartabat ini.

Willy Lay sapaan karibnya mengatakan dirinya bersama Wakil Bupati dan semua pimpinan OPD se-Kabupaten Belu memiliki tugas dan tanggungjawab yang sangat besar, demi mencapai Kesejahteraan Masyarakat.

Selain bertugas menyelenggarakan pemerintahan, pihaknya adalah pelayan masyarakat yang selalu siap 1×24 jam bekerja bagi masyarakat Belu pada umumnya.

Untuk itu, pada kegiatan ini, alangkah baiknya dilakukan dialog terbuka agar tidak monoton.

Halaman : 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Most Popular

To Top