TIMOR

Posyandu Lansia Harus Berikan Pelayanan Standar

Frida Fahik

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka melalui Dinas Kesehatan menggelar kegiatan orientasi pelayanan kesehatan santunan lansia dan pengkajian paripurna pasien gereatri (P3G) kepada 20 pengelola puskesmas se- Kabupaten Malaka di aula Hotel Cinta Damai Betun, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (9/7/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, dr. Paskalia Frida Fahik saat dijumpai media ini di Betun mengatakan tujuan kegiatan ini agar petugas harus memberi perhatian dan fokus kepada para lanjut usia (lansia) seperti di posyandu lansia. “Di posyandu tidak hanya timbang dan tensi saja, tetapi ada kegiatan ikutan agar para lansia tetap sehat dan produktif,” ungkapnya.

Kadis Frida berpesan agar 20 program lansia di setiap puskesmas agar lebih baik lagi, dan pihaknya akan lakukan evaluasi karena masuk dalam standar pelayanan minimal (SPM).

Terpisah, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Feri Fahik¬†menjelaskan, kegiatan ini sangat bermanfaat karena orang lanjut usia semakin banyak dan banyak yang sudah mengenal posyandu lansia. “Kita bentuk teman media dapat menginformasikan bahwa di kabupaten malaka sudah ada posyandu,” paparnya.

Dengan posyandu lansia katanya, setiap tahun selalu check up agar tahu perkembangan kondisinya.
“Jadi intinya kegiatan ini sangat bermanfaat sekali, karena Lansia di kabupaten Malaka luput dari perhatian kita,” bebernya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan 20 pengelola puskesmas memberikan pelayanan di posyandu lansia, bukan hanya sekedar cek kesehatan saja namun bisa mengajak lansia berolah raga bersama, bercerita dan kegiatan positif lainya.

Baca Juga :   Tiga Paroki di Kota Kupang dapat Bantuan Wali Kota

Senada disampaikan Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi, Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Emilia Hamid.
Diuraikan, penting pelayanan kepada lansia karena lansia, karena ada standart pelayanan minimal (SPM), dimana lansia harus diperhatikan agar tetap sehat dan produktif dan dapat diberdayakan.

Pemerintah daerah lanjutnya, harus menyiapkan fasilitas pendukung yang baik, sehingga lansia kalau ada yang menglami sakit bisa diobati dan dirawat. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top