TIMOR

Raih WTP, Pemda Belu Bakal Diganjar DID Lagi

Marsel Mau Meta

ATAMBUA, Kilastimor.com-Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pengelolaan keuangan dan aset daerah tahun anggaran 2019, yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kepada Pemda Belu, merupakan capaian luar biasa. Pasalnya dua tahun berturut-turut Pemda Belu mendapat prestasi prestisius itu.

Atas capaian itu, Kabupaten Belu bakal mendapat tambahan dana insentif oleh Pemerintah Pusat. Tambahan dana itu diluar DAU dan DAK yang dialokasikan tahun 2021 mendatang.

Penjabat Sekda Belu, Marsel Mau Meta yang dikonfirmasi media ini, Rabu (1/7/2020) terkait insentif yang bakal diterima Pemda Belu atas opini WTP tahun anggaran 2019 mengemukakan, setiap pemda yang meraih opini WTP dari BPK akan mendapat Dana Insetif Daerah (DID).
“Sudah Pasti Belu dapat DID atas prestasi itu,” ungkapnya.

Hanya saja lanjut dia, pihaknya belum mengetahui besaran DID yang diberikan kepada Kabupaten Belu. “Kita belum tahu besarannya. Yang pasti kita dapat tambahan dana setelah pemotongan oleh Pempus,” bilangnya.

Dia membeberkan, atas raihan WTP tahun anggaran 2018 lalu, Pemda Belu mendapat DID sebesar Rp 37.171.332.000.
Dana itu lanjutnya untuk membiayai sejumlah program pembangunanan di tahun 2019.

Adapun rincian penggunaa DID tersebut antara lain, kelompok kategori kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah sejumlah Rp 26.535.388.000. Kelompok kategori pelayanan dasar publik bidang pendidikan 9.517.184.000 dan kelompok pelayanan umum pemerintahan Rp 1.118.760.000.

Baca Juga :   Pemkab Serahkan Tanah dan Air dari Belu Sebagai Sebagai Simbol

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Belu dibawah kepemimpinan Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH dan Wakil Bupati Belu, Drs. J.T. Ose Luan kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
WTP diraih atas Laporan Hasil pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Belu Tahun Anggaran 2019.

Ketua BPK Perwakilan NTT, Ir. Adi Sudibyo, MM melalui Video Conference bersama Pemerintah Kabupaten Belu yang dihadiri oleh Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH, Ketua DPRD Kab. Belu, Jeremias Manek Seran Junior, Wakil Bupati Belu, Drs. J.T. Ose Luan, Pj. Sekda Belu, Drs. Marsel Mau Meta, Inspektur Inspektorat, Romualdus Th. Josetyawan Manek, S.Pt di Ruang Kerja Bupati Belu, Selasa (30/6/2020) mengatakan, raihan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan oleh BPK dimana pemerintah dianggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik.

Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih untuk semua elemen yang telah berkontribusi dengan caranya masing-masing sehingga laporan atas hasil pemeriksaan keuangan di Kabupaten Belu meraih Opini WTP.

Lanjut politisi Demokrat ini, WTP ini telah diraih Pemerintah Kabupaten Belu dua tahun berturut – turut yakni tahun anggaran 2018 yang diumumkan pada 2019, dan di tahun anggaran 2019 yang diumumkan pada tahun 2020.

Baca Juga :   Jelang Pembukaan Tour de Timor Jumat Besok, Pantai Motadikin Terus Dibenahi

“Ini tahun ke-2 kita meraih WTP, dan tahun ke-3 sudah pasti oke karena tahun pertama dan tahun kedua sudah oke,” tandas Willy Lay.

Sebagai Kabupaten Sahabat yang berada di beranda terdepan NKRI, Willy Lay berharap dukungan semua elemen masyarakat untuk bersama membangun Kabupaten Belu yang tercinta.

“Mohon dukungan dari semua masyarakat Kabupaten Belu. Mari kita bersama-bersama membangun Belu yang kita cintai ini dengan satu persahabatan yang abadi,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Belu Drs. J.T. Ose Luan menyampaikan bahwa Opini WTP yang diraih Pemkab Belu adalah bentuk dari bekerja dalam diam dengan terus menjalin komunikasi dan koordinasi yang terhormat dan membanggakan dengan BPK perwakilan NTT, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan dengan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Belu.

Mantan Sekda Belu itu menyampaikan optimis dan komitmen untuk terus mempertahankan prestasi ini ditahun-tahun yang akan datang demi terwujudnya Belu yang Berkualitas, Mandiri, Maju, Demokratis, dan Berbudaya. (ferdy talok/advertorial kerja sama dengan dinas kominfo belu)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top