TIMOR

Tanam Simbolis Tomat di Tasain, Bupati Belu Minta Bank Bantu Poktan

ATAMBUA, Kilastimor.com-Potensi hortikultura di sejumlah daerah di kabupaten Belu sangat menjanjikan. Salah satunya di desa Tasain Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu, Provinsi NTT.
Jumat(17/7/2020), Bupati Belu, Willybrodus Lay menyempatkan diri melakukan penanaman simbolis tomat dilahan hortikultura milik Kelompok Tani Moris Foun, Desa Tasain.

Disela-sela kegiatan penanaman tomat, Bupati Belu menghimbau masyarakat untuk mengisi waktu dengan menanam sayur-sayuran sehingga dapat dijual, ditengah masa Pandemi COVID-19.

Petani Belu khususnya Tasain diajak untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki, demi memenuhi kebutuhan hidup.

Dalam sesi dialog dengan masyarakat setempat, Bupati Willybrodus Lay mengatakan, bercocok tanam hortikultura merupakan salah satu bentuk kegiatan inovasi demi ketahanan pangan keluarga.

Ia juga meminta masyarakat setempat yang tinggal di daerah bantaran sungai untuk memanfaatkan potensi air yang tersedia.
“Apa yang dilakukan masyarakat di Desa Tasain merupakan inovasi, demi ketahanan pangan di daerah ini. Karena itu saya minta masyarakat untuk memanfaatkan potensi air yang masih tersedia untuk menanam sayur-sayuran,” ujar Willy Lay sapaan karibnya.

Willy Lay juga mengapresiasi kebijakan Kepala Desa Tasain, Amandus Koamesak yang telah mengucurkan anggaran untuk mendukung petani melalui program optimasi lahan.

Ia berharap, tanaman tomat yang telah ditanam dapat dirawat dengan baik sehingga tiba saatnya bisa dapat dipanen dan petani bisa memperoleh keuntungan.

Dalam kesempatan itu, di hadapan para petani, Bupati Willy mengatakan, dirinya telah meminta sejumlah pimpinan bank di kabupaten Belu agar membantu petani dengan menyediakan pinjaman dengan bunga yang ringan, sehingga para kelompok petani bisa memiliki akses yang baik untuk mendapatkan modal.

Baca Juga :   Eksekutif dan Legislatif Malaka Tetapkan APBD 2018. SBS: Ini Kerja yang Luar Biasa

Disampaikan pula, apabila petani semangat dan serius untuk bekerja dan membangun pertanian, maka petani akan lebih makmur dan sejahtera. Asalkan, bertani dengan sungguh-sungguh dan apabila ada kendala modal maka pemerintah desa dan pemerintah daerah akan memberi dukungan.

Hadir dalam kegiatan tanam simbolis di desa Tasain, Bupati Belu, Willybrodus Lay, pimpinan OPD kabupaten Belu, Forkopimcam Kecamatan Raimanuk, Kepala Desa Tasain, Amandu Koamesak dan masyarakat Desa Tasain. (*/ferdy talok/advertorial kerja sama dengan dinas kominfo belu)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top