TIMOR

Bupati Malaka Hadiri Peringatan 98 Tahun Mangkatnya Raja Sonbai III

BETUN, Kilastimor.com-Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran bersama Ketua TP PKK Malaka, Ny. Beatrix Tae Bria Seran didampingi pimpinan OPD Kabupaten Malaka menghadiri undangan Peringatan 98 Tahun Mangkatnya Raja Sobe Sonbai III, di Kupang, Provinsi NTT, Sabtu(22/8/2020)

Peringatan 98 Tahun mangkatnya Raja Sonbai III itu dihadiri sejumlah pejabat di Provinsi NTT diantaranya Ketua PDIP Provinsi NT, Emy Nomleni, Bupati Sedaratan Timor dan Asisten III Sekda Provinsi NTT.
Demikian press release Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Malaka, Hendrina Lopo, S.STP.

Menurut Eri, acara peringatan itu berlangsung hikmat dimana keluarga besar Sonbai, Saubaki, dan pihak terkait melaksanakan ritual adat di lokasi yang di pastikan sebagai makam Raja Sobe Sonbai III.  Lokasi makam tersebut terletak di lahan kosong, yanga berada di belakang rumah jabatan Wakil Gubernur NTT .

Informasi yang dihimpun media ini dari berbagai sumber , Raja Sobe Sonbai III  adalah seorang raja (kaiser) dari Pulau Timor yang berjuang menentang pemerintah kolonial Hindia Belanda, hingga ditangkap tahun 1905. Makam Raja Sobe Sonbai III itu baru ditemukan setelah 98 tahun. Pemerintah kolonial Belanda menghabisinya dengan cara ditembak hingga tewas. Raja Sobe Sonbai ditembak bersama empat pengawalnya. (edy sumantri)

Baca Juga :   CU Kasih Sejahtera Bangun Kantor Megah, Bupati Belu Bangga dengan Putra Daerah
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top