NASIONAL

Dubes Timor Leste Sambangi Malaka. “Saya Datang ke Kampung Halaman Sendiri”

BETUN, Kilastimor.com-Duta Besar (Dubes) Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) untuk Indonesia, Alberto X.P. Carlos berkunjung ke Kabupaten Malaka, Provinsi NTT. Tujuan kunjungan yakni mempererat tali persaudaraan.

Dubes Alberto dalam kunjungan itu didampingi Konsul RDTL Kupang, Jesuino Dos Reis M. de Carvalho, Agen Konsuler RDTL di Atambua, Joao Simao de Sousa serta sejumlah pejabat, baik dari Konsulat RDTL di Kupang maupun dari Agen Konsulat RDTL di Atambua.

Rombongan Dubes RDTL diterima Bupati Malaka yang diwakili Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Malaka, Silvester Letto 
Kapolres Malaka, AKBP Albertus Neno, Kepala Perangkat Daerah serta

Sambutan Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH, yang dibacakan Asisten II Setda Malaka mengatakan, satu kebanggaan bagi Pemda Malaka karena Dubes RDTL untuk Indonesia berkunjung ke Kabupaten Malaka, karena antara warga Timor Leste dan Malaka adalah sauadara.

“Diantara kita terdapat hubungan kekerabatan yang tidak bisa terpisahkan. Bahasa daerahnya sama, hanya terpisah secara administratif pemerintahan.
Namun dalam urusan kemasyarakatan, adat, kita tidak bisah dipisahkan. Sebagian saudara berdomisi di Indonesia, sebagian lagi di RDTL,” katanya.

Kekerabatan antara kedua negara ini lanjut SBS, seyogyanya terdapat hubungan sosial ekonomi yang saling menguntungkan.

Duta Besar RDTL untuk Indonesia, Alberto Xavier Parera Carlos, mengatakan, kunjungan ini ibarat datang ke kampung halaman sendiri.

Baca Juga :   Maruarar: Jokowi-Prabowo Bangun Budaya dan Etika Politik yang Baik

“Saya datang ke Malaka seperti di kampung sendiri, karena hubungan kekerabatan antara Timor Barat dan Timor Timur sudah berlangsung sejak nenek moyang. Karena itu saya datang untuk silaturahmi,” katanya.

Menurut Dubes yang mantan kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Manututo, saat menjadi bagian dari RI sebelumya, Malaka adalah sebuah daerah yang cantik dan subur, sehingga pasti suatu saat akan berkembang.
Dirinya optimis, suatu ketika potensi yang ada bisa dioptimalkan untuk memakmurkan rakyat sendiri dan rakyat negara tetangga.

Harapan saya, silaturahmi ini terus terbina sehingga boleh mendatangkan keuntungan bagi dua wilayah ini. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top