TIMOR

Kekeringan, Dinas PUPR Belu Kerahkan Delapan Mobil Tangki untuk Layani Air Bersih

ATAMBUA, Kilastimor.com-Musim kemarau yang tengah melanda Belu dan sekitarnya, membuat debit air terus menurun. Akibatnya, sejumlah wilayah mulai kekurangan air bersih.

Melihat kondisi itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Belu mengerahkan delapan mobil tangki bantuan untuk pelayanan air bersih bagi masyarakat miskin.

Dalam suratnya bernomor: PUPR 600.446/VIII/2020, tertanggal 10 Agustus 2020, Kepala Dinas PUPR , Vincent K. Laka, yang ditujukan kepada 9 Camat di Kabupaten Belu menyampaikan tentang pelayanan air bersih bagi masyarakat miskin.

Dalam isi surat yang ditandatangani Kadis PUPR ini menyebutkan, bantuan tangki air tersebut untuk pelayanan masyarakat miskin di 9 Kecamatan yang mengalami kekeringan serius akibat perubahan cuaca dan musim kemarau saat ini.

”Bantuan dari PUPR untuk mendukung pelayanan air bersih bagi masyarakat miskin di 9 kecamatan ini berdasarkan kondisi lapangan. Tahun ini memang sedang terjadi musim panas berkepanjangan dan curah hujan yang tidak maksimal sehingga sumber mata air yang ada, mengalami kekeringan. Sebagai Pelayan masyarakat pemerintah hadir untuk bisa membantu, setidaknya meringankan beban persoalan yang ada,” bilang Laka.

Untuk diketahui, usaha Pemda Belu melalui Dinas PUPR untuk mengatasi persoalan air PUPR mengindentifikasi sumber mata air dan melakukan pengeboran. Melalui kerja keras, tepatnya pada tanggal 22 Juli 2020 kemarin, air baku dari Motamoru berhasil dialirkan masuk ke reservoar Fatubenao, Kelurahan Fatubenao, Kecamatan Kota Atambua.

Baca Juga :   Winston Rondo Apresiasi Draft Substansi Perda Disbilitas yang Disusun FPD

“Kita melakukan pekerjaan siang dan malam selama hampir sekitar 1 bulan, akhirnya minggu lalu kita sudah berhasil alirkan air itu masuk ke reservoar Fatubenao dengan debit sekitar 6-8 liter/detik,” tuntasnya. (ferdy talok/advertorial kerja sama dengan dinas kominfo belu)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top